kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkasa Pura II sedang siapkan desain untuk terminal IV Bandara Soetta


Minggu, 24 Juni 2018 / 20:25 WIB
Angkasa Pura II sedang siapkan desain untuk terminal IV Bandara Soetta


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) baru-baru ini berinisiatif merencanakan pembangunan terminal IV Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Terminal IV rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 400.000 meter persegi

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan nilai investasi yang diproyeksikan untuk pembangunan terminal IV Bandara Soekarno Hatta sebesar Rp 11 triliun. “Itu dari referensi pembangunan terminal III Soekarno Hatta di 2012 lalu,” katanya kepada Kontan.co.id Minggu (24/6).

Saat itu pembangunan terminal III menghabiskan dana sebesar Rp 7 triliun. Angka Rp 11 triliun diperkirakan menjadi biaya yang harus dikeluarkan setelah adanya kenaikan harga dari 2012 sampai terminal IV nanti dibangun. Adapun rencananya pembangunan terminal IV akan dilakukan di pertengahan tahun 2020.

Saat ini, AP II masih menyelesaikan tiga desain dasar untuk nantinya ditawarkan kepada tender yang tertarik terlibat dalam proyek terminal IV Soekarno Hatta. “Conceptual design, basic design, dan detail engineering design,” kata Awaluddin.

Conceptual design yang dimaksud adalah bagaimana nantinya arah penggunaan terminal IV. Misalnya, AP II masih mempertimbangkan terminal IV untuk menjadi bandara khusus low cost carrier terminal. Atau bisa jadi, AP II kembali menggunakan konsep full service seperti terminal-terminal sebelumnya di Bandara Soekarno – Hatta.

Selanjutnya, basic design berbicara soal bagaimana nantinya bentuk terminal IV itu ke depan. “Apakah dua lantai, satu lantai, punya pembagian luasan berapa ribu meter square, berapa ribu luasan divisi udara, divisi darat. Bagaimana pergerakan penumpangnya,” jelas Awaluddin.

Sementara detail engineering design akan berbicara detil terkait berapa anggaran yang disiapkan terkait rincian-rincian belanja yang direncanakan. Ketiga hasil desain itulah nantinya yang akan dibawa untuk proses tender.

Nah, hingga saat ini, Awaluddin mengatakan sudah banyak pihak yang tertarik untuk terlibat dalam proyek terminal IV Soekarno Hatta. Beberapa di antaranya berasal dari airline operator, airport operator, perusahaan konstruksi. “Mereka baru kirim surat peminatan ya tapi belum kita putuskan. Karena kita masih fokus untuk selesaikan tiga desain itu,” tambahnya.

Nantinya pembangunan Terminal IV akan memanfaatkan lahan Lapangan Golf Soewarna dan area terminal kargo.

Terminal IV akan menjadi terminal terakhir yang dibangun di Bandara Soekarno Hatta. Pembangunan terminal IV dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan traffic passanger sebanyak 100 juta penumpang di tahun 2025. Nah di tahun 2025, Soekarno Hatta akan memiliki tiga landasan pacu, empat terminal, dengan kapasitas 100 juta penumpang setiap tahun.

Sebagai perbandingan, saat ini kapasitas Bandara Soekarno Hatta baru mampu melayani 60 juta penumpang setiap tahunnya. Adapun untuk proyek landasan pacu ketiga, targetnya akan rampung tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×