kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apindo: Lelang gula tak selesaikan masalah


Rabu, 27 September 2017 / 20:04 WIB
Apindo: Lelang gula tak selesaikan masalah


Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berikan rekomendasi kepada pemerintah terkait peraturan tentang lelang gula. "Lelang gula tidak menyelesaikan permasalahan," ujar Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani dalam diskusi publik (27/9).

Berdasarkan pernyataan sikap dari Apindo, lelang gula akan menimbulkan masalah baru. Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) lelang gula akan memperbesar beban biaya IKM serta menimbulkan risiko munculnya praktik korupsi dari perantara.

Bagi industri nasional lelang gula tidak sejalan dengan prioritas pemerintah yang sedang memperkuat iklim investasi. Hal itu terjadi karena akan terjadi kenaikan harga gula rafinasi. Apindo juga mengkhawatirkan informasi dagang dari industri akan jatuh ke pihak lain.

Lelang gula juga dinilai akan berdampak pada inflasi serta daya saing industri. Selain itu keberadaan PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) sebagai peserta lelang akan membuat industri harus melaporkan seluruh informasi mengenai pembelian gula.

Oleh karena itu Apindo memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait proses lelang. Apindo meminta pemerintah membatalkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) mengenai lelang gula. Dalam upaya membuka akses bagi IKM, pemerintah dapat memberdayakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Mengenai transparansi juga perlu dibuat sistem pencatatan yang transparan serta mengoptimalisasi sistem tata kelola gula rafinasi. Pemerintah perlu melakukan penegakan hukum yang konsisten dan efektif.

Guna optimalisasi produksi, pemerintah perlu membangun pusat data mandiri. Terakhir Apindo menyarankan revitalisasi industri gula. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×