kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis berat, UNTR kurangi pekerja


Selasa, 02 Februari 2016 / 06:05 WIB
Bisnis berat, UNTR kurangi pekerja


Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kabar memprihatinkan datang dari PT United Tractors Tbk. Perusahaan alat berat dan pertambangan itu mengekor aksi beberapa perusahaan lain yang sudah memangkas jumlah karyawan.

Langkah ini demi mengejar efisiensi biaya operasional. Alasan manajemen United Tractors menempuh cara tersebut karena harga jual batubara yang tak kunjung mendaki.

"Memang kondisinya sedang sulit, dari harga komoditas anjlok maka perlu penyesuaian kapasitas produksi," tutur Sekretaris Perusahaan PT United Tractor Tbk Sara Kristi Loebis kepada KONTAN, Senin (1/2).

Manajemen United Tractors menampik program pengurangan karyawan tersebut disebut dengan program pensiun dini. Perusahaan berkode UNTR di Bursa Efek Indonesia itu bilang, menggelar program pengunduran diri sukarela.

Program hanya berlaku untuk karyawan pada lini bisnis pertambangan saja. Sembari memangkas jumlah karyawan organik, United Tractors juga mengatur ulang sistem kerja karyawan.

Semisal, perusahaan itu tak lagi menggelar kerja lembur. Mereka juga memutuskan tak memperpanjang masa kerja karyawan kontrak.

Program pengurangan karyawan tersebut menyesuaikan proyeksi produksi batubara dan penggunaan alat berat yang terjadi saat ini. Informasi saja, selain memiliki area pertambangan batubara sendiri, United Tractors juga menawarkan jasa kontraktor pertambangan.

Nah, saat harga jual batubara tiarap, ekspansi perusahaan pertambangan batubara ikut surut. Perusahaan pertambangan kemudian menunda rencana pembelian alat berat. Alhasil, permintaan alat berat pertambangan United Tractors tak bergairah.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Perhimpunan Agen Alat Berat Indonesia Djonggi Gultom mengaku, memang banyak perusahaan alat berat yang memberhentikan karyawan.

Catatan dia, United Tractors memberhentikan sekitar 1.500 karyawan, sedangkan PT Trakindo Utama memberhentikan 800 karyawan. Perusahaan tersebut mengejar efisiensi agar bisa menjaga kestabilan kinerja.

After sales service

Meskipun saat ini langkah bisnis mereka tengah tertatih, manajemen United Tractors, tetap berupaya mengembangkan bisnis yang masih mungkin tumbuh pada tahun ini. "Kami fokus pada program after sales service dan penjualan suku cadang," terang Sara.

Sepanjang tahun 2016 ini, United Tractors berharap masih bisa menjual 2.000 unit alat berat merek Komatsu. Sementara target penjualan batubara mereka tahun ini menyusut 10% ketimbang realisasi tahun 2015.

Manajemen United Tractors hingga kini juga belum mau membeberkan realisasi penjualan alat berat dan penjualan batubara pada tahun lalu. Data penjualan terakhir yang bisa dipublikasikan oleh perusahaan ini adalah data per Januari–November 2015.

Sepanjang 11 bulan tahun lalu, mereka menjual 2.002 unit alat berat merek Komatsu. Catatan penjualan tersebut menyusut 41,19% dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun 2014, yakni 3.404 unit.

Sementara penjualan batubara Januari–November 2015 tercatat 99,6 juta ton. Volume penjualan tersebut turun 4,32% ketimbang periode yang sama tahun 2014, yakni 104,1 juta ton batubara.

Tahun lalu perusahaan ini juga berupaya melakukan penjualan bus Scania sebanyak 30 unit kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bus ini dipakai untuk transportasi PT Transjakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×