kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blackberry gaet Webtoon Korea hadirkan WebComics


Rabu, 07 Juni 2017 / 23:00 WIB
Blackberry gaet Webtoon Korea hadirkan WebComics


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Creative Media Works, divisi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang mengoperasikan Blackberry Messanger (BBM), meluncurkan WebComics untuk BBM di Indonesia pada Rabu (7/6).

Peluncuran dilakukan melalui kerja sama dengan penerbit webtoon dan webnovel asal Korea, Neobazar. Layanan gratis ini akan menyajikan beragam pilihan judul webtoon, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Penggemar komik akan mendapatkan beragam pilihan WebComics di menu Discover, yang terdapat di aplikasi pesan BBM. Melalui menu Discover, pengguna dapat menjelajahi berbagai pilihan judul dari beragam kategori. Mulai dari kisah cinta, fantasi, rekaan ilmiah, misteri, komedi, drama, olahraga dan laga. Kisah tersebut akan secara rutin diperbarui dengan rangkaian cerita baru.

Saat peluncuran perdana, akan tersedia lebih dari 200 judul yang meliputi 135 webtoon dan 65 webnovel.

BBM adalah salah satu aplikasi pesan terbesar di dunia. Sejak diciptakan pada Agustus 2005, BBM berkembang pesat, dari hanya sekadar aplikasi untuk berkomunikasi (teks dan video) menjadi ekosistem sosial, yang menyatukan chat, sosial, serta layanan. Termasuk jasa pembayaran tagihan, pengisian ulang pulsa, voucher dan kupon, berita, game, video, belanja, perjalanan, karir dan jajak pendapat.

WebComics atau “manhwa” adalah bacaan bergambar berseri, seperti komik dalam buku dan koran, namun WebComics diterbitkan secara online dan berkala. WebComics berasal dari Korea Selatan dan menjadi semakin terkenal di kawasan Asia-Pasifik. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan masyarakat, yang keranjingan menggunakan Internet dan smartphone.

“Saat ini, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di aplikasi pesan ketimbang hal lain di perangkat mobile mereka,” kata Matthew Talbot, CEO Creative Media Works dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Rabu (7/6).

Ia berupaya menyediakan lebih banyak fitur untuk pengguna BBM, terutama pengguna paling aktif dan paling besar di Indonesia, tempat mereka menghabiskan waktu. WebComics akan menjadi tambahan hebat dan menyediakan banyak sekali bacaan, yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna kami.

“Kami sangat senang dapat menambahkan ‘webcomics’ dan ‘webnovel’ sebagai konten baru bagi pengguna BBM di Indonesia, di mana konsumsi konten digital kian meningkat," katanya.

Pengguna BBM dapat dengan mudah menikmati konten tersebut dengan sekali sentuh di menu Discover tanpa harus memasang aplikasi baru. "Selain itu, kami ingin menjalin kerjasama dengan lebih banyak penulis, penerbit serta pembuat konten Indonesia untuk memperkaya konten setempat,” kata Jinil Seong, CEO NeoBazar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×