kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukber membuat bisnis hotel kian moncer


Kamis, 07 Juni 2018 / 21:55 WIB
Bukber membuat bisnis hotel kian moncer
ILUSTRASI. Suasana lobi hotel di Jakarta


Reporter: Nur Pehatul Janna, Puspita Saraswati | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan kali ini ternyata membawa berkah bagi pebisnis hotel. Lantaran menjadi ajang untuk buka bersama alias bukber.

Ini terjadi beberapa hotel seperti jaringan Hotel Santika. Menurut Sudarsana, General Manager PT Grahawita Santika, pengelola  jaringan hotel Santika, selama bulan Ramadan, pihaknya mengadakan promo Safari Ramadan untuk F&B di seluruh jaringan unit Santika Indonesia. "Kami ada promo Safari Ramadan untuk skala nasional dan ada tambahan promo double point untuk room revenue tapi hanya di unit tertentu," katanya kepada KONTAN.

Berdasarkan upaya tersebut sejauh ini sudah tercatat kurang lebih ada pertumbuhan sekitar 10%-15% pada bisnis food and beverages Santika ketimbang bulan biasanya. "Karena animo masyarakat yang sedang tren untuk mengadakan bukber di hotel pada saat ini," timpalnya.

Kebanyakan yang bertandang ke acara buka bersama di hotel Santika adalah keluarga serta kalangan komunitas. Ada juga dari perusahaan yang kerap mengadakan acara buka bersama. Jadi sambil mengadakan pertemuan bisnis dilanjutkan dengan berbuka bersama.

Soal pendapatan, Sudarsana tidak  bersedia memberikan data lantaran bersifat rahasia perusahaan. Yang jelas, keberadaan program Ramadan tersebut bisa menjadi salah satu amunisi untuk bisa menggapai target pertumbuhan bisnis di atas 15% sampai akhir tahun ini.

Tidak mau kalah, The Sultan Hotel juga gencar menawarkan paket buka bersama. Indira Puliraja, Marketing Communication The Sultan Hotel menerangkan pihaknya juga mengadakan paket Ramadan untuk pertemuan dengan harga dipatok sebesar Rp 400.000 per orang. "Paket meeting itu menjadi sasaran kami," katanya kepada KONTAN lebih lanjut.

Hasilnya pun tergolong positif. Menurutnya, selama ramadan tercatat ada kenaikan sekitar 21% sampai 35% dibandingkan periode Ramadan tahun lalu. Hal tersebut terjadi karena ada lonjakan jumlah pengunjung ke hotel tersebut di mulai minggu ketiga Mei hingga kini. Hingga kini tercatat ada sebanyak 80 orang yang datang ke hotel tersebut untuk berbuka.

Kondisi ini kontras terjadi pada awal-awal puasa berlangsung. Di periode tersebut, jumlah pengunjung  masih sedikit. "Di awal puasa masih sepi, cuma 4 sampai 35 orang per harinya," timpalnya.

Sekitar 70% dari pengunjung buka bersama di Sultan adalah para tamu hotel atau para pebisnis yang menjamu kolega di hotel tersebut.            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×