kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dongkrak bisnis, rame-rame masuk kafe


Selasa, 14 Februari 2017 / 12:14 WIB
Dongkrak bisnis, rame-rame masuk kafe


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Tren gaya hidup yang makin merebak saat ini, seperti berkongkow ria membuat pebisnis membuka mata. Tak sedikit pelaku usaha yang mulai merambah bisnis gaya hidup seperti tempat nongkrong di kedai atau kafe.

Salah satunya adalah PT Gramedia Media Asri. Salah satu lini bisnis Kompas Gramedia yang masih terafiliasi dengan KONTAN ini berencana membuka toko buku label anyar Gramedia World di Bekasi dalam waktu dekat.  "Tahun ini kami akan nambah satu lagi di Harapan Indah, Bekasi," tukas Yosef Adityo N, Sekretaris Perusahaan PT Gramedia Media Asri kepada KONTAN, Senin (13/2).

Nah, di dalam Gramedia World tersebut, peritel ini tidak hanya menyajikan toko buku saja. Tapi juga ada fasilitas yang lainnya, seperti area bermain anak-anak, produk alat tulis dan tak ketinggalan kafe. Menurut Yosef, pihaknya mengelola sendiri area penjualan tersebut, dan tentunya kafe.

Saat ini, Gramedia Media Asri baru mengoperasikan empat kafe. Yakni ada di  Gramedia World Karawang, Gramedia World BSD, Gramedia World Bintaro. Akhir Desember silam, perusahaan ini baru membuka satu kafe lagi yang ada di Gramedia World lagi di Pondok Indah Mall.

Menurut Yosef, pihaknya sengaja membidik lokasi secara tematik. Artinya, berdekatan dengan lokasi masyarakat yang punya daya beli tinggi. Meski begitu, ia tidak merinci target pasar yang dibidik dari bisnis kafe tersebut. Tapi biasanya dari kalangan menengah atas.

Selain itu, bisnis kafe ini juga untuk menambah portofolio bisnis pengelola toko buku Gramedia ini supaya ada nilai tambah bagi perusahaan.  Sayang, Yosef tidak merinci kontribusi bisnis dari bisnis kedai tersebut. "Saat ini, kontribusinya masih kecil. Tapi ini adalah bisnis masa depan. Bisnis kafe juga mulai meluas dan dinamis," jelasnya.

Sedangkan untuk target gerai baru berikutnya, Yosef tidak merinci lebih lanjut. Yang jelas, tambahan gerai Gramedia ini bakal mengikuti konsep Gramedia World yang tidak cuma sekedar toko buku semata.

Tambah kedai kopi

Saat ini, Gramedia Media Asri sudah mengoperasikan sekitar 116 gerai toko buku. Sedangkan empat gerai sudah punya fasilitas kafe.

Rata-rata luas toko buku Gramedia berkisar antara 800  m² - 7.000 m². Adapun areal kafe sekitar 200 m² - 300 m². Nah, lewat aksi ini, Gramedia Media Asri optimistis bisa meraup hasil positif tahun ini. "Target kami, sales bisa mencapai 15%," ujarnya.

Pemain kawakan di ritel PT Fast Food Food Indonesia Tbk (FAST), pengelola gerai Kentucy Fried Chicken (KFC), juga punya kedai berlabel KFC Coffee.

Dari namanya, pebisnis ini mengincar para penikmat kopi yang lagi tren saat ini. "Kami akan memperluas KFC Cofffe," ucap Justinus Dalimin Juwono, Direktur PT Fast Food Food Indonesia Tbk kepada KONTAN, Senin (13/2).

Namun, belum ketahuan berapa jumlah gerai kopi anyar yang akan ditambah. Yang jelas, pangsa pasarnya nanti bukan hanya di pulau Jawa tapi juga merambah Sumatera, Sulawesi, dan lain-lain.

Sedangkan untuk target tambah gerai KFC, tahun ini Fast Food berencana membukua sekitar 30 gerai anyar  lagi. Dari jumlah tersebut, gerai baru yang akan dibuka berada di Jabodetabek.

Dalam catatan KONTAN,  Fast Food Indonesia membidik target pendapatan Rp 5,4 triliun. Target ini tumbuh 10% dari pendapatan tahun 2016 yang belum dipublikasikan.

Sementara PT Rekso Nasional Food juga berencana memanbah enam gerai Mc Cafe tahun ini. Ini adalah kedai kopi racikan pengelola restoran cepat saji Mc Donald's di Indonesia. Nanti, bisa saja gerai Mc Cafe ini  bergabung dengan gerai Mc Donald's atau berdiri sendiri. Adapun, saat ini jumlah gerai Mc Cafe yang sudah beroperasi ada 23 gerai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×