kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Energi baru tak capai target, nuklir jadi opsi


Rabu, 04 Mei 2016 / 22:32 WIB
Energi baru tak capai target, nuklir jadi opsi


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Implementasi peta jalan atau roadmap Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) akan bergantung pada realisasi pengembangan energi terbarukan hingga 2025. Adapun dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014, target penggunaan energi terbarukan dalam bauran energi pada 2025 sebesar 23%.

 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan KEN telah mengatur bahwa nuklir masih menjadi opsi terakhir untuk pengembangan energi. Artinya, hal tersebut memang dimungkinkan selama sumber energi lain dinyatakan tidak bisa memenuhi kebutuhan yang ada.

"PP mengatakan (nuklir) jadi pilihan terakhir. Tapi, apabila di 2025 target energi terbarukan tidak tercapai bagaimana? Itu yang akan nanti akan diputuskan dalam RUEN (Rencana Umum Energi Nasional)," katanya di kantor Kementerian ESDM, Rabu (4/5).

Untuk itu, dalam RUEN akan dijelaskan bagaimana roadmap pengembangan PLTN tersebut. Jika hingga 2025 target bauran energi tidak tercapai, maka penerapan roadmap tersebut menjadi salah satu opsi yang bisa diambil. "Jika ada indikasi target tidak tercapai, maka roadmap diterapkan. Nanti kita sampaikan kepada Presiden mana yang paling tepat," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Andang Bachtiar menilai, isu penggunaan nuklir sebagai sumber energi bukan hanya soal teknis, melainkan juga masalah politik. "Sudah jelas nuklir itu keputusan politik dan bukan sekadar teknologi energi biasa. Nanti kita kasih ke Presiden dan tinggal diputuskan ya atau tidak," tuturnya.

Adapun dalam target bauran energi 2025, batubara masih mendominasi dengan 30%, disusul oleh minyak bumi 25%, energi baru dan terbarukan 23%, serta gas bumi sebesar 22%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×