kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Energi lebih peritel manfaatkan momentum tahun ini


Minggu, 08 April 2018 / 17:10 WIB
Energi lebih peritel manfaatkan momentum tahun ini
ILUSTRASI. BISNIS RETAIL ALFAMART


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini akan menjadi tahun yang sibuk bagi para peritel, hal ini karena banyaknya momentum yang akan terjadi. Hal ini membuat, perusahaan ritel tidak hanya akan menyandarkan penjualannya pada momentum Lebaran dan tahun baru saja.

Hans Prawira, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menyampaikan untuk moment Lebaran perusahaan berharap bisa mencuil pertumbuhan 15%, jumlah yang sama juga akan terjadi pada saat Asian Games. Dampaknya, kinerja akan membaik ketimbang tahun sebelumnya.

Tahun lalu, kendati penjualan perusahaan meningkat 9,55% dari Rp 56,11 triliun menjadi Rp 61,46 triliun, namun laba bersih justru tergerus dari Rp 531,27 miliar menjadi Rp 300,27 miliar.

Banyaknya momentum tahun ini menurutnya akan meningkatkan kinerja, tidak hanya topline tetapi juga bottomline perusahaan.

"Tahun ini kami berharap industri akan lebih baik, walaupun secara data belum menunjukan hasil yang bagus di Januari dan Februari," ujarnya beberapa waktu lalu.

Senada dengan AMRT, optimisme juga ditunjukan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk berlari lebih kencang. Asal tahu saja, kendati industri ritel pada tahun lalu sedikit lesu, namun kinerja MAPI sepanjang tahun lalu tetap kinclong.

Tahun lalu pendapatan perusahaan tercatat naik 15% dari Rp 14,1 triliun menjadi Rp 16,3 triliun. Laba bersih MAPI juga meningkat sangat signifikan di level 60,52% dari sebelumnya Rp 208,47 miliar menjadi Rp 334,65 miliar.

Fetty Kwartati, Head of Corporate Communications MAPI menyampaikan tahun ini perusahaan membidik pertumbuhan di level yang sama yakni 15%.

Salah satu yang akan menjadi katalis selain Lebaran dan tahun baru, adalah pilkada serentak. "Historikal, dampak selalu positif saat musim Pilkada dan Pilpres," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (6/4).

MAPI masih mengandalkan segmen sport, fesyen dan F&B. Tak tanggung-tanggung, perusahaan mempersiapkan tambahan luas gerai mencapai 60.000 m2. Jumlah tersebut setara dengan 200 gerai ritel baru milik perusahaan.

Tak hanya AMRT dan MAPI saja yang optimistis, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) juga mendapatkan energi lebih dari banyaknya momentum tahun ini. Perusahaan yang memiliki gerai Hypermart, Boston, FMX, Foodmart dan Smarclub optimis kinerjanya membaik.

"Tahun ini optimis terus tumbuh walaupun sepanjang tahun lalu (kinerja) kami turun, tetapi kami yakin tahun ini jauh lebih baik," ujar Fernando Repi, Division Head Corporate Communication MPPA akhir pekan lalu.

Perusahaan masih melihat lebaran dan tahun baru menjadi momentum paling besar untuk meningkatkan penjualan. Sedangkan event lainnya seperti Asian Games, Piala Dunia dan Pilkada serentak akan membantu pertumbuhan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×