kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air Group jalin kerjasama codeshare


Kamis, 17 Mei 2018 / 12:20 WIB
Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air Group jalin kerjasama codeshare
ILUSTRASI. Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Ngurah Rai, Bali


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group akan meneken kerjasama komersial codeshare dalam rangka memperkuat kerjasama network khususnya di wilayah domestik.

Pelaksanaan kerjasama codeshare tersebut merupakan upaya dari kedua group maskapai untuk memperkuat sinergi, mengembangkan market share dan meningkatkan profitability.

Dengan kerjasama ini, baik Garuda Indonesia Group (Garuda dan Citilink) dan Sriwijaya Group (Sriwijaya dan NAM Air) dapat mengembangkan layanan masing-masing dengan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan.

Perjanjian kerjasama codeshare ini adalah yang pertama bagi Garuda Indonesia Group-Sriwijaya Group, dan sebagai langkah awal bagi kedua induk perusahaan untuk melakukan kerjasama yang lebih strategis dibidang lainnya ke depannya.

Sebagai tahap awal kerjasama dilaksanakan melalui dua skema kerjasama yang saling menguntungkan yaitu Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Ke depannya pembukaan rute-rute pada agreement tersebut akan dibagi dalam beberapa fase.

Detail kerjasamanya, pertama, kerjasama codeshare/SPA dilakukan di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai. Artinya, Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengoperasikan atau Sriwijaya sebagai maskapai yang mengoperasikan. Contohnya, untuk rute Yogyakarta-Palembang akan dioperasikan oleh Sriwijaya, dan dipasarkan oleh Garuda Indonesia atau sebaliknya.

Kedua, kerjasama codeshare dengan mengkombinasikan penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contohnya, rute Jakarta-Sampit via Semarang maka dengan kerjasama ini Jakarta-Semarang akan dioperasikan oleh Garuda, Semarang-Sampit dioperasikan oleh Sriwijaya. Atau di Rute Jakarta-Alor via Kupang maka Jakarta-Kupang dioperasikan oleh Garuda dan Kupang-Alor dioperasikan oleh Sriwijaya.

Melalui kerjasama tersebut, Garuda Indonesia/Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan (codeshare) dengan Sriwijaya/NAM Air dan sebaliknya Sriwijaya/NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangnya pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Garuda Indonesia/Citilink.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury menyambut baik kerjasama codeshare dengan Sriwijaya Group ini. Menurutnya kerjasama ini akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di domestik.

“Selain akan memperkuat network dari kedua maskapai, kerjasama ini juga akan meningkatkan market share, mengingat masih banyak kota kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial namun belum dijangkau oleh penerbangan Garuda Indonesia. Untuk itu dengan adanya kerjasama dengan Sriwijaya Group diharapkan dapat lebih meningkatkan profitability kami," kata Pahala dalam keterangan resminya yang dikutip Kamis (17/5).

Sementara itu, Direktur Utama Sriwijawa Group, Chandra Lie menambahkan kerjasama ini menjadi suatu catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia, karena ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri.

”Komitmen kerjasama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif buat kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan dalam melakukan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke,” kata Chandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×