kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Goodyear & Tesloop kolaborasi uji coba ban cerdas


Selasa, 19 September 2017 / 21:21 WIB
Goodyear & Tesloop kolaborasi uji coba ban cerdas


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bekerja sama dengan Tesloop, startup layanan transportasi logistik antar kota di Amerika Serikat yang merupakan anak perusahaan Tesla. Keduanya melakukan percobaan menggunakan ban cerdas milik Goodyear yang dapat memberikan diagnosis berbasis data kepada pemilik armada kendaraan semi-otonom. 

Diagnosis tersebut terintegrasi melalui sensor nirkabel dan terhubung dengan algoritma cloud milik Goodyear. Ban Goodyear tersebut memiliki sensor yang memungkinkan pengemudi untuk secara aktif memantau keadaan ban dalam pemeliharaan yang benar seperti tingkat keausan dan tekanan angin pada ban. 

Pemeliharaan ini membantu memastikan efisiensi bahan bakar yang optimal dan mencegah kerusakan tak terduga pada ban. Informasi tersebut kemudian disampaikan secara langsung ke sistem manajemen armada pengemudi dan dapat diakses melalui aplikasi seluler. "Seiring ekosistem mobilitas yang terus berkembang, kami mengambil langkah menyesuaikan laju perubahan teknis di industri transportasi dan mengembangkan inovasi ban yang memenuhi kecerdasan kendaraan yang menggunakannya," kata Chris Helsel, Chief Technology Officer Goodyear dalam keterangan pers, Selasa(19/9).

Upaya Goodyear dengan Tesloop yang telah bekerjasama sejak Januari 2017 ini didasarkan pada Goodyear Proactive Solutions dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pelaku bisnis transportasi dengan mengkombinasikan keahlian manajemen armada, produk cerdas, dan jaringan layanan yang luas untuk memberikan solusi lengkap mobilitas masa depan. "Teknologi diagnosa data membantu pengemudi mengantisipasi kerusakan pada ban, sehingga tingkat keamanan dalam berkendara semakin meningkat,” ujar Rahul Sonnad, CEO Tesloop.

Di Indonesia, PT Goodyear Indonesia Tbk mengungkapkan bahwa teknologi ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap para pemilik armada truk dan logistik. Wicaksono Soebroto, General Manager Corporate and Marketing Communications Goodyear Indonesia menyatakan, biaya pemeliharaan ban pada armada angkutan darat merupakan pengeluaran terbesar kedua setelah bahan bakar.

"Sementara pemilik dan pengelola selalu mencari upaya menurunkan biaya per kilometer setiap ban sehingga teknologi sensor ini seyogyanya membantu pengendara untuk mencegah kerusakan ban di jalan yang berdampak langsung pada total biaya operasional," kata Wicaksono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×