kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga CPO menunjukkan tren pelemahan


Kamis, 08 Februari 2018 / 19:46 WIB
Harga CPO menunjukkan tren pelemahan
ILUSTRASI. Kelapa Sawit


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga Crude Palm Oil (CPO) menunjukkan tren melemah. Berdasarkan Malaysia Derivative Exchange, harga CPO pada Kamis (8/2) sebesar RM 2.486 per ton. Sementara, di tahun lalu bursa Malaysia ini pun mencatat harga tertinggi CPO pernah mencapai RM 2.860 per ton (30/10).

Analis NH Korindo, Joni Wintarja menjelaskan, salah satu faktor tertekannya harga CPO adalah tingkat persediaan yang meningkat seiring dengan produksi yang meningkat. Peningkatan produksi ini tidak disertai dengan peningkatan demand yang sesuai.

"Tentu saja sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran, maka harga CPO akan menyesuaikan," ujar Joni kepada KONTAN, Kamis (8/2).

Joni mengatakan, harga sawit tahun ini bergantung kepada produksi dan tingkat konsumsi. Dia memperkirakan, dari sisi produksi tidak akan ada perubahan secara drastis, Sejauh ini pun tidak ada informasi cuaca dan iklim mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi produksi tandan buah segar (TBS).

Sementara, dari tingkat konsumsi, Joni memperkirakan konsumsi CPO akan tetap tinggi di tahun ini. "Kami masih memperkirakan secara rata-rata harga CPO akan berada di kisaran Rp 8500 per kg dengan rentang variasi sekitar Rp 300 per kg," tutur Joni.

Kinerja emiten sawit pun akan dipengaruhi oleh siklus harga komoditas sawit dan tingkat produksi. Karena tingkat produksi diperkirakan tidak akan berubah secara signifikan, maka kinerja lebih ditentukan oleh faktor harga.

Menurut Joni, sepanjang kuartal pertama 2017, harga rata-rata CPO di bursa Malaysia berada pada level Rp 9.300 per kg, sedangkan pada kuartal pertama 2018 atau hingga 8 Februari 2018, harga rata-rata CPO di bursa Malaysia berada pada level Rp 8.500/kilogram.

Data ini menunjukkan adanya penurunan sebesar 8% dengan catatan kuartal pertama belum selesai. "Jika sampai dengan akhir Maret 2018, harga rata-rata CPO masih berada pada level Rp 8.500 per kg maka diperkirakan emiten sawit juga akan mengalami hal yang sama," tandas Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×