kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia pamer industri digital di Busan, Korsel


Senin, 25 September 2017 / 08:09 WIB
Indonesia pamer industri digital di Busan, Korsel


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memamerkan keberhasilan industri digital Indonesia di ajang ITU Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan, pada 25 - 28 September 2017 ini. Ini kali pertama Indonesia membuka paviliun di acara yang telah dimulai 46 tahun lalu itu dan sejak tahun 2011 diadakan setiap tahun.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com di Busan, Senin (25/9/2017) pagi, paviliun Indonesia seluas 300 meter persegi dan termasuk salah satu yang terbesar. Paviliun itu  menampilkan sejumlah perusahaan telekomunikasi dan startup atau perusahaan pemula di bidang industri digital seperti Telkom, Tokopedia, 1.000 Startup, Nurbaya, Tukang Sayur, Modalku, dan Cashlez.

Pihak Kemenkominfo mengatakan, Menkominfo Rudiantara akan berbicara pada acara opening session ITU Telecom World 2017 pada Senin siang atas permintaan pihak ITU. Rudiantara akan memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan pentingnya digitalisasi dan model bisnis digital menjadi solusi bagi perbaikan perekonomian dunia.

Rudiantara akan menunjukkan kesiapan dan beberapa keberhasikan Indonesia bertransisi dalam digitalisasi berbagai bidang kehidupan yang dapat menjadi percontohan bagi negara-negara lain.

ITU Telecom merupakan bagian dari ITU (International Telecommunication Union), badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau biasa disebut ICT. ITU Telecom World merupakan platform global bagi pemerintah, korporasi, dan usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mempercepat inovasi teknologi informasi dan komunikasi demi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Agenda dan pameran

Acara tahun ini berfokus pada mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan pembangunan sosial ekonomi global dengan secara aktif menghubungkan UKM, pemerintah dan bisnis besar di seluruh ekosistem teknologi informasi dan komunisasi. Acara ini menyediakan sebuah platform internasional unik yang menyatukan pasar yang sudah maju dan berkembang untuk fokus pada transformasi digital yang cerdas dan peluang global yang ditawarkan.

ITU Telecom World 2017 menyatukan berbagai agenda, antara lain pameran teknologi internasional, forum berbagi pengetahuan, tempat memperluas jaringan bagi korporasi, pemerintah dan UKM, dan program pemberian penghargaan bergengsi.

Pameran antara lain menampilkan solusi digital dan peluang investasi dari negara-negara dan perusahaan di pasar yang sedang berkembang maupun yang sudah maju, dengan fokus khusus pada teknologi untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Pameran ini akan mencakup teknologi seperti 5G, IoT, solusi spektrum frekuensi radio, manajemen spektrum dan teknologi kota cerdas (smart city)

Perusahaan yang berpartisipasi antara lain ATDI, CATD, GEW Technologies, KT, K-ICT week, LS telcom, Rohde & Schwarz, SK telecom, Swisscom and Vodafone Egypt. Negara-negara yang membuka paviliun antara lain Jepang, China, Brasil, Kamerun, Nigeria dan Afrika Selatan, termasuk negara yang baru berpartisipasi pertama kali seperti Indonesia, Benin, Ethiopia, Mozambik, Filipina dan Sierra Leone.

Pameran memungkinkan para calon penjual terhubung dengan pembeli dari pemerintah dan perusahaan di seluruh dunia. Program perjodohan bisnis B2B dan B2G akan mempertemukan para calon investor dan menghubungkan mereka dengan solusi dan proyek inovatif.

Agenda yang lain adalah pertemuan para pemimpin & forum. Para pembicara dari sektor publik dan swasta akan bersatu untuk mengeksplorasi visi berbeda tentang masyarakat cerdas dan memperdebatkan tantangan membangun masa depan digital yang tangguh. (Egidius Patnistik)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com, berjudul: Indonesia Pamer Industri Digital di ITU Telecom World 2017

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×