kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,57   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini daftar pemenang lelang WK migas konvensional penawaran langsung 2018


Rabu, 02 Mei 2018 / 14:45 WIB
Ini daftar pemenang lelang WK migas konvensional penawaran langsung 2018
ILUSTRASI. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akhirnya menetapkan pemenang wilayah kerja (WK) migas yang ditawarkan secara langsung pada tahun ini. Jonan bilang ada empat blok yang telah ditetapkan pemenangnya.

Pertama, Blok Citarum yang dimenangkan oleh konsorsium PT Cogen Nusantara Energi dan PT Green World Nusantara. Konsorsium mantapkan komitmen pasti senilai US$3,75 juta dan bonus tanda tangan senilai US$750.000.

Kedua, Blok East Ganal dimenangi oleh Eni Indonesia Ltd. setelah berhasil memenangkan lelang dari pesaingnya yaitu Konsorsium AGRA IV - EnQuest Global Ltd. Pemerintah menetapkan investasi untuk komitmen pasti di Blok East Ganal dengan total nilai US$35,35 juta dan bonus tanda tangan senilai US$1,5 juta.

Ketiga, Blok East Seram dimenangkan oleh Lion Energy Ltd. Nilai komitmen pasti untuk blok ini senilai US$900.000 dan bonus tanda tangan US$500.000.

Keempat, Blok Southeast Jambi berhasil dimenangkan oleh Konsorsium Talisman West Bengara B.V - MOECOSouth Sumatra Co. Ltd. Nilai komitmen pasti untuk blok ini senilai US$4,65 juta dan bonus tanda tangan US$500.000.

Total nilai komitmen pasti dari empat blok migas tersebut senilai US$44,65 juta. Sementara total bonus tanda tangan senilai US$3,25 juta.

Selain keempat wilayah kerja yang dilelang tahun ini, ada satu wilayah kerja yang belum mendapatkan peminat, yaitu Blok East Papua. Pemerintah pun berencana untuk menawarkan kembali pada penawaran migas selanjutnya.

Lebih lanjut Jonan bilang pemenang lelang WK Migas penawaran langsung nantinya akan menandatangani kontrak bagi hasil gross split.

"Untuk lelang WK migas, kami sudah menerapkan sistem tax royalty yang dikenal dengan gross split. Sementara wilayah kerja yang kontraknya masih ada tetap sesuai perjanjian yang ada, waktu perpanjangannya baru kami ubah kontraknya," jelas Jonan pada Rabu (2/5).

Pada tahun 2018 ini, secara keseluruhan Pemerintah telah menawarkan 24 WK Migas Konvensional yang terdiri dari 5 WK ditawarkan dengan mekanisme Penawaran Langsung dan 19 WK melalui mekanisme lelang Reguler.

Untuk lelang Penawaran Langsung prosesnya telah selesai dan diumumkan pemenangnya pada kesempatan ini. Sedangkan untuk lelang reguler prosesnya masih berlangsung hingga 19 Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×