kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini spesifikasi Toyota Calya


Sabtu, 23 Juli 2016 / 10:11 WIB
Ini spesifikasi Toyota Calya


Sumber: Kompas.com | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Informasi tentang MPV 7-penumpang kelas Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Calya telah dilucuti satu per satu di internet.

Rasanya sudah tidak ada lagi rahasia, meski begitu semua yang sudah diketahui belum benar-benar sah sampai nanti resmi dibuka Toyota Astra Motor (TAM).

Buat mengingatkan kembali, KompasOtomotif mau mengulas apa saja yang bakal dibawa Calya buat bertarung dengan pelopor 7-penumpang di LCGC, Datsun GO+. Bedah spesifikasi berdasarkan keterangan yang beredar dari pihak diler Toyota.

Calya tidak sepenuhnya produk “gado-gado” yang dapat spesifikasi hibah dari model Toyota pendahulunya. Ada beberapa poin yang tidak dimiliki model Toyota lainnya, bahkan dengan saudaranya, Agya.

Seperti sudah pernah dibahas sebelumnya, Calya menggunakan platform yang sama seperti Agya atau lebih tepatnya Daihatsu Ayla. Itu artinya berpenggerak roda depan.

Bedanya, wheelbase Calya (2,525m) telah diperpanjang dan diperkuat buat mengakomodasi penumpang yang muat duduk di jok baris ketiga.

Kedua roda depan mendapat tenaga dari mesin 3NR-VE 4-silinder 1.2L, sumber itu mirip seperti jantung Etios hanya saja sudah dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Pilihan mesinnya merupakan kasta tertinggi dalam aturan LCGC khusus jenis bensin.

Tenaga maksimal 86 tk didapat pada 6.000 rpm dan torsi penuh 107 Nm berada pada 4.200 rpm. Tersedia dua pilihan transmisi yang sudah dipakai Avanza dan Rush, yakni manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan.

Dibanding Avanza

Dimensi Calya yakni panjang 4,07 m, lebar 1,65 m, dan tinggi 1,6 m. Buat perbandingan, ukuran tubuhnya lebih pendek 12 cm dan lebih rendah 9,5 cm dari Avanza, sedangkan lebarnya sama.

Calya juga punya modal kuat buat mengatasi kondisi khas Indonesia karena jarak terendah bodi dengan tanah 18 cm. Biar gampang dibayangkan, jarak Avanza 20 cm.

Calya dijual dua varian, yakni E dan G yang masing-masing memiliki pilihan transmisi manual dan matik. Bekal standar buat keduanya yaitu Dual SRS Airbag, immobilizer, ISOFIX, Multi Information Display (MID), indikator ECO, sensor parkir, sabuk pengaman tiga titik buat semua penumpang, serta buka-tutup semua kaca sudah elektrik.

Cuma varian terendah, E manual, yang tidak punya Antilock Braking System (ABS). Lampu kabut, spion elektrik, sein pada spion, hanya tersedia pada varian G.

Mobil yang diproduksi Astra Daihatsu Motor ini punya desain unik di kabin. Bukannya menggunakan double blower di plafon tapi memakai air circulator alias kipas angin yang mengalirkan udara sejuk dari depan.

Selain itu, penting untuk diketahui tuas transmisi Calya terletak di dasbor, jok depan menyatu dengan headrest, kemudi dan desain speedometer mirip Avanza, serta masuk ke baris ketiga dipermudah karena jok tengah sliding dan bisa terlipat menggunakan satu sentuhan.

Estimasi Harga

E 1.2L manual non ABS Rp 129,5 juta 
E 1.2L manual Rp 132 juta
E 1.2L matik Rp 145 juta 
G 1.2L manual Rp 137,5 juta 
G 1.2L matik Rp 149,5 juta

(Penulis: Febri Ardani Saragih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×