kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini usia ideal membeli rumah secara KPR


Sabtu, 27 Agustus 2016 / 13:05 WIB
Ini usia ideal membeli rumah secara KPR


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Banyak anak muda yang mulai memikirkan masa depannya dengan serius saat berusia 20-an. Apalagi saat memasuki masa lulus kuliah dan bekerja, mereka umumnya sudah bisa berpikir dengan dewasa dan mandiri tentang kehidupannya. 

Salah satu hal yang biasanya menjadi target anak muda adalah memiliki rumah pribadi. Mereka akan merencanakan banyak hal dan bekerja dengan giat untuk menghasilkan uang demi membeli rumah.

Namun tidak semua orang beruntung dan masih banyak yang kesulitan membeli rumah karena harga properti saat ini semakin mahal, terutama di wilayah perkotaan. Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun coba jadi solusi atas permasalahan tersebut.

KPR memang dianggap bisa jadi solusi bagi mereka yang tak sanggup membeli rumah secara tunai. Dengan KPR, siapa pun bisa membeli rumah dengan sistem angsuran per bulan.

Namun terkadang ada pertanyaan yang muncul di benak sejumlah orang, yaitu berapakah umur ideal membeli rumah KPR? Untuk menjawabnya, Anda perlu mengetahui jika bank umumnya menetapkan batas usia minimal dan maksimal dalam mengajukan KPR.

Secara umum, bank menilai usia produktif nasabah KPR adalah usia 20-40 tahun ketika mengajukan KPR. Dalam rentang usia tersebut, seseorang sudah punya Kartu Tanda Penduduk (KTP), pekerjaan tetap, dan dapat memenuhi berbagai persyaratan yang diperlukan.

Usia kreditur KPR akan berpengaruh pada panjangnya tenor cicilan yang dapat diambil. Panjangnya waktu tenor ini beragam dan umumnya bisa mencapai 25 tahun, tergantung bank. Namun pada umumnya, bank membatasi tenor pelunasan KPR hingga kreditur berusia 65 tahun.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengajukan KPR, pastikan untuk memperhitungkan usia Anda saat ini. Jika Anda sudah berusia 50 tahun ke atas, maka bank kemungkinan akan sulit memenuhi pengajuan KPR tersebut.

Sehingga bagi Anda yang saat ini masih berumur 20-an hingga di bawah 40 tahun,  maka inilah usia produktif yang ideal dan tepat untuk segera membeli rumah KPR karena pengajuan KPR Anda punya kesempatan besar untuk diterima oleh bank, asalkan Anda bisa memenuhi berbagai persyaratan lainnya.

(sumber : Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×