kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inovasi, Tambun Field Pertamina efisiensi Rp 70 M


Jumat, 12 Februari 2016 / 17:39 WIB
Inovasi, Tambun Field Pertamina efisiensi Rp 70 M


Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Dikky Setiawan

BEKASI. Tambun Field PT Pertamina EP berhasil melakukan efisiensi sebesar Rp 70,1 miliar melalui inovasi-inovasi sederhana dalam kegiatan operasi di lapangan.

Menurut Abdullah, Tambun Field Manager, perseroan mendorong para pekerja untuk terus melakukan inovasi, terlebih ditengah kondisi migas dunia saat ini. 

Dia bilang, potensi yang ada di sekitar lokasi harus dilihat apakah bisa dilakukan inovasi untuk menjadi lebih baik.

"Yang pasti, safety merupakan pertimbangan utama," ujar Abdullah dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (12/02).

Melalui program Continuous Improvement Program (CIP) yang diterapkan oleh perusahaan, ada dua program inovasi dari Tambun Field yang memiliki dampak cukup bagus terhadap operasi, yaitu inovasi Sprayer untuk pengalokasian minyak mentah di bak penampungan (oil catcher) dan pemanfaatan gas flare.

Dengan sprayer sistem, para pekerja tidak perlu lagi untuk berada di tengah bak penampungan untuk melokalisir crude oil (minyak mentah) yang berada di atas permukaan oil catcher.

"Melalui inovasi sprayer sistem itu, operator tidak harus berada di tengah bak penampungan untuk mengambil crude oil. Hanya dengan Rp 800.000, operator pekerjaan dapat bekerja dengan lebih nyaman dan aman", jelas Abdullah.

Inovasi yang kedua berupa pemanfaatan gas flare yang umumnya menjadi gas terbuang, dapat dimanfaatkan kembali untuk konsumen. Sebanyak 1,9 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) gas dapat dioptimalkan melalui treatment sendiri.

"Inovasi yang dilakukan Tambun Field justru dapat memberikan creation value hingga Rp 70,1 miliar per tahun," katanya.

"Dengan inovasi-inovasi seperti ini kami berharap dapat terus memacu perusahaan untuk bisa bertahan dalam kondisi yang sulit seperti saat ini," tutup Abdullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×