kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang mudik, Pertamina sediakan pembelian BBM self service non tunai


Sabtu, 02 Juni 2018 / 16:17 WIB
Jelang mudik, Pertamina sediakan pembelian BBM self service non tunai
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Persero menyiapkan sejumlah SPBU dengan metode pelayanan mandiri (self service) menjelang mudik Lebaran 2018. Pembelian bahan bakar di SPBU ini menggunakan pembayaran non-tunai (cashless) atau non-tunai.

Aplikasi yang menunjang pembayaran self service itu adalah T-cash milik Telkomsel. Salah satu SPBU yang menerapkan pelayanan mandiri di rest area atau tempat istirahat kilometer 57, Cikampek, Jawa Barat.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid mengatakan, aplikasi digital di SPBU sangat mendukung proses transaksi zaman sekarang. "Konsumen bisa mempercepat transaksinya di SPBU dan berdampak pada berkurangnya antrian kendaraan," ujar Mas'ud di Rest Area kilometer 57, Cikampek, Sabtu (2/6).

Menurutnya, pembayaran non-tunai ini bisa dilakukan relatif singkat hingga hitungan detik. Selain itu, konsumen yang menggunakan T-cash untuk membeli produk Pertamax mendapat cashback sebesar 10%.

“Layanan T-cash kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep smart payment sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun gerakan nasional non-tunai yang dicanangkan pemerintah,” kata Mas’ud.

Saat ini, layanan cashless melalui T-Cash sudah tersedia pada 57 SPBU di Indonesia. Sedangkan, SPBU self service dapat ditemui di 65 SPBU.

Menteri ESDM Ignatius Jonan, meninjau langsung penerapan self service dengan pembayaran non-tunai di SPBU Pertamina di Cikampek itu.

"Dengan proses seperti ini komplain yang katanya operatornya "cetek-cetek" (memainkan nozzle), kembalian kurang, itu berkurang," ujar Marketing Branch Manager Pertamina Jawa Barat, Mohamad Resa, saat memberi penjelasan kepada Jonan. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Jelang Mudik, Pertamina Siapkan Pembelian BBM "Self Service" Non-tunai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×