kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi ingin negosiasi Freeport rampung secepatnya


Kamis, 05 Oktober 2017 / 18:11 WIB
Jokowi ingin negosiasi Freeport rampung secepatnya


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - CILEGON. Presiden RI Joko Widodo akhirnya angkat bicara mengenai penolakan CEO Freeport McMoRan Inc, Richard Adkerson atas valuasi harga divestasi saham 51% dan posisi pemerintah yang dianggap tidak sesui dengan kesepakatan perundingan awal.

Jokowi menganggap, wajar apabila negosiasi dengan Freeport berjalan alot. Makanya ia menyerahkan kepada tim negosiasi lintas Menteri seperti Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan untuk segera menyelesaikan.

"Tim nanti akan bertemu. Namanya negosiasi alot ya biasa. Sudah tiga tahun kita otot-ototan masalah ini. Dan ini hampir final, saya yakin win-win-lah," ungkapnya di Cilegon, Banten, usai meresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 7, 9 dan 10, Kamis (5/10).

Meskipun tidak mengungkapkan detil kapan bisa diselesaikan negosiasinya. Tapi, Jokowi menargetkan akan selesai secepat-cepatnya. Karena asal tahu saja, Menteri ESDM Ignasius Jonan menargetkan perundingan dengan Freeport bisa selesai pada 10 Oktober ini.

"Saya yakin akan selesai. Target ya secepat-cepatnya. Udah tiga tahun Kita bicara ini tapi kan kita juga tidak mau kalau tidak dapat winnya. Kalau win sama lose ya tidak mau," ungkapnya.

Adapun Jokowi juga enggan berandai-andai apabila dalam negosiasi Freeport kembali melakukan penolakan atas posisinya pemerintah.

"Wong masih proses ko, masa kalau dan seandainya (menolak)? Jadi ini masih proses. Tolong semuanya membantu juga, berdoa supaya deal dan tandatangan. Jalan," tandasnya.

Asal tahu saja, pada Selasa malam (3/10) Menteri Jonan, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Rini Soemarno mengadakan pertemuan dengan bos Freeport, Adkerson di Jakarta. Rini membenarkan adanya pertemuan itu. Dia hanya bilang. "Cuma negosiasi dan masih dinegosiasikan," pungkasnya sembari masuk mobilnya di Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Namun sayangnya ketika ingin dikonfirmasi atas pertemuan dengan Adkerson, Menteri Jonan, sama sekali tidak mau berkomentar dan langsung masuk ke mobilnya.


Jokowi Targetkan Negosiasi Dengan Freeport Selesai Secepatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×