kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar penjualan, diler mobil obral diskon


Kamis, 19 Mei 2016 / 14:30 WIB
Kejar penjualan, diler mobil obral diskon


Reporter: Asnil Bambani Amri, Issa Almawadi, Juwita Aldiani | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Saat penjualan mobil turun, agen pemegang merek (APM) mobil berjibaku mencari cara untuk memasarkan mobilnya. Banyak cara dilakukan, mulai dengan iming-iming hadiah langsung, uang muka ringan, sampai beradu diskon.

Hilman, salah satu wiraniaga mobil Nissan di Jakarta menyebutkan, bulan Mei ini beberapa varian mobil Nissan menawarkan diskon. Ia memberikan contoh, Nissan Grand Livina tipe SV Manual diskon Rp 20 juta dari normal Rp 200,5 juta. "Khusus Grand Livina, diskon Rp 20 juta karena akan ada produk facelift yang dirilis. Jadi ini menghabiskan stok lama," kata Hilman kepada KONTAN, Rabu (18/5).

Diskon Grand Livina tersebut lebih tinggi ketimbang diskon bulan Maret dengan nilai diskon Rp 15 juta.

Tak hanya Livina, diler Nissan juga menawarkan diskon untuk Nissan Serena senilai Rp 35 juta dari harga jual Rp 350,5 juta. Mobil Nissan lain yang menawarkan diskon adalah Nissan X-Trail dengan iming-iming diskon Rp 25 juta untuk varian tertentu.

Nah, tak hanya Nissan, hampir semua merek mobil Jepang menawarkan diskon serupa dengan nilai diskon yang hampir sama. Seperti diskon pada mobil Suzuki Ertiga yang ditawarkan Rp 20 juta untuk tipe GL. Erika Maydi, salah satu wiraniaga menyebutkan, diskon hanya berlaku bulan ini.

Iming-iming diskon ini juga ditawarkan oleh wiraniaga APM mobil lain seperti Toyota. Sofyan Achmad, wiraniaga diler mobil Toyota di Jakarta Selatan bilang, diskon Toyota Avanza mencapai Rp 19 juta. Tak hanya diskon, pihak diler juga memberi bonus aksesori untuk pembeli Avanza bulan ini. "Untuk Yaris, diskonnya sampai Rp 25 juta dan hanya berlaku bulan ini," kata Sofyan kepada KONTAN.

Terkait dengan perang diskon ini, pihak APM menilai program yang dibuat masih dalam batas normal. "Hanya diskon umum saja. Diskon seperti yang sudah ada sebelumnya," tutur Anton Jimmi, General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada KONTAN, Rabu (18/5).

Anton menyebutkan, TAM lebih mengutamakan program servis ketimbang memberikan diskon penjualan. "Karena kebutuhan servis juga meningkat," kata Anton. Untuk itu, menyambut Ramadan dan Lebaran, Toyota membuat paket servis.

Tidak hanya obral diskon harga, sejumlah APM juga memiliki strategi lain untuk menggenjot penjualan. Hana Maharani, Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) menyebutkan, Nissan membuat program leasing dengan konsep beli mobil sekarang, tetapi proses cicilannya dimulai usai Lebaran. "Ini hanya berlaku sampai dengan 22 Mei," kata Hana kepada KONTAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×