kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub akan bangun dermaga di Danau Toba


Sabtu, 14 Oktober 2017 / 20:34 WIB
Kemenhub akan bangun dermaga di Danau Toba


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan berencana membangun beberapa fasilitas berupa dermaga dan kapal untuk mendukung pariwisata di Danau Toba. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya ke Pelabuhan Penyeberangan Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (14/10).

"Kemenhub akan membangun 5 dermaga yaitu 2 dermaga di Samosir dan 3 dermaga di pinggiran Danau Toba. Selain itu kita juga akan membangun 3 kapal roro, 2 oleh Kemenhub dan 1 oleh PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau, Penyeberangan)," terang Menhub.

Budi bilang, selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain, pembangunan itu dilakukan juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba.

Lebih lanjut, dia menjelaskan kapal roro yang akan dibangun memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 12,6 meter. Kapasitasnya akan mencapai 300 GT (gross tonnage) yang mampu menampung sekitar 200 sampai 300 penumpang dan 32 mobil.

Menhub menambahkan, pembangunan kapal ini bertujuan untuk melayani penyeberangan masyarakat di Danau Toba. Saat ini sudah ada 2 kapal roro yaitu Sumut 1 dan Sumut 2 yang melayani penyeberangan di Danau Toba. Dengan adanya tambahan kapal roro nantinya konektivitas antar pelabuhan di sekitar Danau Toba akan semakin bagus.

"Sekarang ini jika menggunakan mobil waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain bisa satu jam, nah dengan kapal hanya 15-30 menit saja," jelas Budi.

Menhub mengajak pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba untuk turut serta mendukung pembangunan fasilitas agar pariwisata di Danau Toba semakin maju.

"Danau Toba ini luar biasa indahnya, penduduknya ramah-ramah, makanannya juga enak-enak, apalagi didukung dengan fasilitas yang memadai. Oleh karenanya saya minta Kadishub Provinsi Sumut, Badan Otorita Danau Toba, dan tentunya Kemenhub untuk bersama membangun Danau Toba untuk menjadi destinasi wisata dunia," tutupnya.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub, Direktur Prasarana Ditjen Perhubungan Darat  J.E Wahjuningrum, Kadishub Provinsi Sumut Anthoni Siahaan dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×