kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,72   -5,64   -0.61%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenperin dan Ruangguru teken kerjasama


Kamis, 28 Desember 2017 / 12:51 WIB
Kemenperin dan Ruangguru teken kerjasama


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian terus menggenjot peningkatan kapasitas sumber daya manusia sektor industri melalui pemanfaatan teknologi informasi digital dengan platform Ruangguru. Dalam kerjasama ini, akan dibuat konten video mengenai peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia sektor industri, termasuk di dalamnya program vokasi.

Selain itu, ada juga sosialisasi mengenai fasilitas pengembangan IKM, peningkatan keahlian dan kompetensi bagi pelaku IKM, serta beberapa materi dari Workshop e-Smart yang kemudian akan diunggah pada platform Ruangguru.

Guna meningkatkan talent para pekerja sektor Industri, Kementerian Perindustrian memiliki program untuk mempersiapkan satu juta tenaga kerja industri tersertifikasi di tahun 2019.

“Target satu juta tenaga kerja industri tersertifikasi ini akan dipenuhi dari kegiatan sertifikasi tenaga kerja industri, pendidikan vokasi industri, diklat sistem 3 in 1, serta link and match antara SMK dengan industri. Selain meningkatkan kapasitas SDM sektor industri, sinergi antara Kementerian Perindustrian dengan Ruangguru juga akan dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Workshop e-Smart IKM,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Kamis (28/12).

Airlangga mengatakan di masa mendatang diharapkan akan muncul juga konten-konten video atau ruang kelas di Ruangguru.com mengenai materi peningkatan kapasitas SDM untuk pelaku industri, dan aparat pembina, khususnya ASN Kemenperin.

“Materi-materi tersebut dapat berupa materi tentang kewirausahaan, pemasaran, maupun capacity building yang berkaitan dengan pembinaan sentra untuk Tenaga Penyuluh Lapangan IKM,” jelasnya.

Direktur Jenderal IKM Gati Wibawaningsih menjelaskan maksud dari penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk melakukan kerjasama di bidang penggunaan platform Ruangguru milik PT Ruang Raya Indonesia sebagai sarana berbasis teknologi dan pembuatan Konten Digital Pelatihan industri (KDPI) untuk penunjang pelatihan industri.

“Kerjasama melalui pemanfaatan konten digital diharapkan dapat meningkatan efektivitas program pengembangan industri,’’ kata Gati di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (28/12).

“Hal ini sejalan dengan keberadaan platform Ruangguru yang memiliki kepedulian untuk mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi digital untuk pemberdayaan industri,” tutur Gati.

Gati menyatakan adapun ruang lingkup nota kesepahaman tersebut meliputi pembuatan KDPI yang mencakup video, soal, dan rangkuman, sebagai penunjang peningkatan kapasitas sumber daya manusia industri.

Selain itu, pemanfaatan platform Ruangguru sebagai sarana pembelajaran online secara mandiri untuk pelaku industri, serta sosialisasi dalam jaringan dan luar jaringan terkait dengan pemanfaatan platform.

“Kami melihat bahwa kemitraan ini adalah kesempatan baik untuk kami dapat berkontribusi dalam memajukan perindustrian di Indonesia, khususnya sektor IKM. Platform kami sejauh ini sudah dimanfaatkan oleh jutaan pelajar dalam kegiatan belajar dan kami melihat peluang bahwa platform kami dapat memberi manfaat lebih bagi masyarakat luas," terang Belva Devara, CEO Ruangguru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×