kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub lepas 5.985 pemudik tahap pertama di Monas


Sabtu, 09 Juni 2018 / 15:59 WIB
Kemhub lepas 5.985 pemudik tahap pertama di Monas
ILUSTRASI. Mudik bareng


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono melepas peserta mudik gratis Kemenhub tahap pertama di Monas pada Sabtu (9/6). Jumlah pemudik yang diberangkatkan hari ini meningkat 50% dari tahun 2017.

Menurut Djoko, saat ini masyarakat sudah bijak dengan memanfaatkan program pemerintah untuk mengurangi kemacetan pada arus mudik lebaran 2018.

"Suatu angka yang luar biasa dan menurut saya para pemudik ini sudah bijak, tidak hanya memikirkan keselamatan dan keamanan tetapi juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dari penggunaan kendaraan pribadi," kata Djoko di Jakarta, Sabtu (9/6).

Djoko menambahkan program mudik gratis Kemhub merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman dan nyaman.

Melalui program ini diharapkan masyarakat tidak menggunakan sepeda motor lagi pada saat mudik karena motor sangat rentan terhadap aspek keselamatan terutama untuk perjalanan jauh.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi melaporkan jumlah peserta mudik yang berangkat pada tahap pertama sebanyak 5.985 penumpang.

"Pada hari ini peserta mudik gratis Kemenhub yang diberangkatkan dari Monas sebanyak 113 bus dengan total 5.985 penumpang. Ada 5 tahap pemberangkatan dari Monas mulai tanggal 9 sampai 13 Juni," ujarBudi.

Selain itu, terdapat juga titik lain keberangkatan peserta mudik gratis Kemhub diantaranya, Kantor Pemkab Tangerang pada 10 Juni, Terminal Jatijajar Depok pada 11 Juni dan Kantor Pemkab Bekasi pada 12 Juni.

Untuk diketahui, mudik gratis Kemenhub dengan moda darat meliputi angkutan bus dan truk serta angkutan kapal penyeberangan. Pada moda bus total 1.130 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 48.905 orang dan 70 truk dengan jumlah sepeda motor yang diangkut sebanyak 2.837 motor. Jumlah kota tujuan yang dilayani yaitu 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.


Sedangkan untuk moda penyeberangan meliputi 3 kapal penyeberangan dengan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.000 orang dan 500 sepeda motor. Adapaun rute pelayanan yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Lampung dan Jakarta-Surabaya.

Djoko memprediksi puncak arus mudik tahun 2018 terjadi pada malam ini (9/6). "Tahun ini diprediksi akan ada beberapa puncak-puncak arus mudik. Hasil survey, hari ini salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan," ujar Djoko.

Dengan adanya waktu libur yang cukup panjang, Djoko berharap masyarakat dapat memilih waktu untuk mudik agar perjalanan nyaman.

Dia menambahkan, Kemenhub telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai peningkatan dan penambahan baik sarana maupun prasarana untuk menciptakan mudik yang selamat, aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×