kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub prediksi puncak arus mudik pada H-6 (Sabtu)


Senin, 04 Juni 2018 / 14:02 WIB
Kemhub prediksi puncak arus mudik pada H-6 (Sabtu)
ILUSTRASI. Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi


Sumber: Kompas.com | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-6 Lebaran atau Sabtu (9/6).

Prediksi itu berdasarkan survei Badan Litbang Kemenub yang terkait potensi, karakteristik, dan pola pergerakan pemudik. Survei dilakukan dengan metode online, yakni 75% melalui aplikasi Whats App, 14% dari website Kemhub, 2%n dari Facebook, 2% dari Line, 1% dari Instagram, dan 5% dari sumber lainnya.

Dikutip dari siaran pers Balitbang Kemhub, Senin (4/6), sebanyak 52% responden menunggu cuti bersama untuk mulai pulang kampung, sehingga mudik pada H-6.

Sedangkan, puncak arus balik, berdasarkan survei, terjadi pada H+3 Lebaran, yaitu pada Selasa (19/6).

Dari survei yang sama, jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek. Tujuan mudik paling banyak ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Berdasarkan survei, mayoritas pemudik atau sebesar 46,7% memilih mudik menggunakan mobil pribadi. Alasannya, pemudik merasa mudik dengan mobil lebih fleksibel, nyaman, serta cepat.

Untuk angkutan Lebaran 2018, pemerintah meningkatkan kapasitas sarana transportasi untuk mudik dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk transportasi darat, bus meningkat sebanyak 1,68%. Kemudian, kapasitas kereta api meningkat sebanyak 2,37%. Kesiapan transportasi laut juga meningkat. Kapal roro meningkat sebanyak 3,5% dan kapal laut sebanyak 1,17%. Dari sektor penerbangan, peningkatan sebanyak 0,93%.

Persiapan angkutan Lebaran ditambah guna mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi. Kemehub juga bersinergi dengan Jasa Raharja agar mudik bisa aman, selamat dan nyaman. Jasa Raharja menawarkan kemudahan untuk klaim asuransi melalui program dan aplikasi mudik gratis.

Selain itu, Kemhub juga bersinergi dengan Bina Marga guna mengetahui kesiapan jalur mudik baik jalan arteri, jalan tol, dan tol fungsional, serta bekerja sama dengan Korlantas terkait persiapan pengaturan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Survei Kemenhub: Puncak Arus Mudik Diprediksi pada H-6

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×