kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kempar: Hingga Oktober, 2.540 turis Polandia akan kunjungi Indonesia


Selasa, 26 Juni 2018 / 13:43 WIB
Kempar: Hingga Oktober, 2.540 turis Polandia akan kunjungi Indonesia
ILUSTRASI. Penyambutan wisatawan asal Polandia di Bandara I Ngurah Rai


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata memperkirakan 2.540 turis asal Polandia akan berkunjung ke Indonesia hingga Oktober mendatang. Kunjungan wisatawan mancanegara ini hasil kerja sama program charter penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar, yang diusung Panorama Destination dengan Tour Operator Polandia, yakni Rainbow Tour.

Asdep Pengembangan pemasaran II Regional IV (Eropa) Kementerian Pariwisata Agustinus Rahayu mengatakan, jumlah tersebut akan terbagi menjadi 10 grup. Grup pertama sudah tiba pada Senin (25/6) lalu di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

"Nantinya akan ada 10 grup dan grup pertama sudah sampai di bandara Bali menggunakan pesawat charter LOT Polish Airline yang mengangkut sebanyak 254 wisatawan," ujarnya dalam siaran pers, Senin (25/6).

Menurut Agustinus, kerja sama ini telah berlangsung sejak tahun 2016 dan diharapkan terus berlanjut mengingat selama ini belum ada penerbangan pesawat komersial langsung dari Polandia ke Indonesia.

"Nantinya mereka akan berlibur dua minggu dan tentu saja hal tersebut sangat positif karena bisa menambah jumlah kunjungan. Untuk itu, Kempar sangat mengapresiasi bentuk kerja sama antar biro wisata ini," ujarnya.

Agustini menyebut, wisman Polandia grup pertama disambut langsung oleh Kempar dan dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri RI, Amir Fachir, Duta Besar RI untuk Polandia H.E Peter F Gontha, serta Duta Besar Polandia untuk Indonesia H.E Beata Stoczynska.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut, wisatawan asal Eropa memiliki keunggulan, yakni spending-nya dengan rata-rata US$ 1.538 perkunjungan  untuk satu orang wisatawan.

"Dari segi jumlah wisatawan China memang lebih mendominasi, namun dari segi devisa atau spending wisatawan Eropa lebih unggul yakni bisa mencapai US$ 2,6 miliar, sementara devisa dari wisman China sebesar US$ 1,9 miliar," tuturnya.

Berdasarkan angka statistik BPS Kempar, tercatat sekitar 1,86 juta wisman asal Eropa pada tahun 2017. Sedangkan, data terakhir per 2016 menunjukkan jumlah kunjungan turis asal Polandia ke Indonesia sebanyak 26.563 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×