kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,33   6,87   0.75%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemperin gandeng Blanja.com edukasi e-Smart IKM


Rabu, 18 Oktober 2017 / 20:54 WIB
Kemperin gandeng Blanja.com edukasi e-Smart IKM


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR. Kementerian Perindustrian (Kemperin) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) kembali menggelar workshop e-Smart IKM. Kemperin yang bekerja sama dengan marketplace Blanja.com untuk event di Makassar.

Sebanyak 40 pelaku IKM dari komoditas pangan yang berasal dari Makassar mengikutii workshop yang berlangsung dari tanggal 17-18 Oktober 2017 di LA’RIZ Wthree Hotel di Makassar.

“E-Smart IKM merupakan Sistem Basis Data IKM yang tersaji dalam profil industri, sentra dan produk yang diintegrasikan dengan marketplace yang sudah ada. Dengan mendorong peningkatan kinerja sektor IKM melalui workshop e-Smart ini, diharapkan perekonomian kota Makassar akan meningkat, yang pada akhirnya akan membantu penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan,” tutur Dirjen IKM Gati Wibawaningsih dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Pada workshop yang diselenggarakan selama dua hari ini, para peserta mendapat bimbingan dari tenaga ahli dari marketplace BLANJA.com mengenai fotografi produk dan langkah-langkah melakukan transaksi penjualan secara digital. Selain itu, peserta juga akan dibekali pengetahuan untuk peningkatan daya saing dan produktivitas usahanya.

Materi tersebut berupa informasi mengenai kredit usaha rakyat, restrukturisasi mesin dan peralatan, standarisasi produk, serta pengetahuan-pengetahuan mengenai pengembangan produk dan strategi penetapan harga. 

BLANJA.com ikut mendukung program Ditjen IKM dalam mengembangkan penjualan para pelaku IKM Indonesia yang selama ini masih memiliki keterbatasan infrastruktur dalam memasarkan produk-produknya dalam skala nasional, maupun internasional. Sebagai marketplace hasil berkolaborasi strategis PT Telkom Indonesia Tbk dan eBay Inc, Blaja.com ikut mendukung sistem e-Smart IKM yang dapat membantu Ditjen IKM Kementerian Perindustrian dalam membuat kebijakan pertumbuhan dan pengembangan industri kecil dan menengah di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×