kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerajinan RI meraih apresiasi di Asia World Expo


Minggu, 22 Oktober 2017 / 18:50 WIB
Kerajinan RI meraih apresiasi di Asia World Expo


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi 13 UKM Indonesia untuk mengikuti Asia World Expo 2017 yang berlangsung di Hong Kong 18-22 Oktober 2017. Berbagai kerajinan tangan unik (handycraft) hasil kreativitas UKM Indonesia turut dipasarkan dalam pameran tersebut.

Kerajinan tangan dan produk handmade Indonesia ini pun mendapat apresiasi dari Presiden Asia World Expo 2017 Mr. Cameron Walker, sekaligus sebagai tuan rumah. Cameron yang berkesempatan mengunjungi langsung Paviliun Indonesia menyampaikan rasa ketertarikannya.

"Diapresiasi karena handycraft kita yang terbuat dari tangan, unik bagi mereka. Kan bangsa Eropa harga jual kerajinan tangan jauh lebih mahal dari mesin," kata Duta Koperasi Indonesia sekaligus pendamping, Dedi Gumelar alias Miing, dalam keterangan tertulis yang Kontan.co.id terima pada Minggu (22/10).

Dalam kesempatan perbincangan keduanya, Cameron berharap Indonesia harus terus mengembangkan kerajinan tangan unik dan produk handmadenya. Dia berjanji akan memberikan akses pasar dan kesempatan lebih banyak bagi UKM Indonesia untuk mengikuti event pameran luar negeri.

"Saya jelaskan kepada dia (Cameron) bahwa kita menarik karena kita memang begitu multikultur, sehingga kita kaya dengan kerajinan khas daerah masing-masing," tutur dia.

Asia World Expo 2017 merupakan pameran terbesar yang dihadiri pelaku usaha dari berbagai negara. Indonesia mengirimkan 13 pelaku UKM, dengan dipimpin oleh Duta Koperasi Dedi Gumelar, serta perwakilan dari Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM.

Dalam pameran yang berlangsung selama 5 (lima) hari itu, UKM Indonesia memamerkan karya kerajinan tangan seperti kerajinan yang terbuat dari bahan kayu, perak, anyaman tiker, maupun kerang laut. Sementara peserta dari negara lain umumnya menampilkan produk pabrikan (industri).

Miing sangat berharap Kemenkop dan UKM perlu membimbing terus UKM Indonesia supaya berorientasi ekspor. Dengan cara memberi pelatihan transaksi ekspor, pembekalan pengetahuan ekspor, maupun membuka akses permodalan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Pemerintah punya kewajiban untuk meningkatkan kapasitas produksi, bimbing mereka ke orientasi ekspor secara sikap mental, kemudian packaging," ujar Miing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×