kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KESDM-Kemenaker siapkan SDM megaproyek listrik


Rabu, 30 November 2016 / 12:32 WIB
KESDM-Kemenaker siapkan SDM megaproyek listrik


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Demi meningkatkan kompetensi tenaga kerja di bidang ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melakukan kerja sama pelatihan tenaga kerja Balai Latihan Kerja (BLK).

Pelatihan ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 Megawatt (MW). Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Kementerian ESDM, Jarman mengungkapkan, dalam rangka mendukung program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW, diperlukan dukungan terkait pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil dan memiliki kompetensi sesuai bidang yang diperlukan.

“Mengingat program 35.000 MW akan menyerap tenaga kerja sangat besar, kerja sama ini diharapkan mengurangi ketergantungan terhadap tenaga kerja asing,” ungkap Jarman dalam siaran pers, Rabu (30/11).

Sekadar informasi, BLK merupakan unit pelatihan berbasis kompetensi dari Kemenaker yang membekali peserta pelatihan kerja dengan keterampilan sesuai kebutuhan industri. Saat ini lokasi BLK telah tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia. Hal ini mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan pelatihan kerja sesuai bidang-bidang yang diminati.

Ruang lingkup dari kerja sama ini meliputi pengembangan dan harmonisasi standar kompetensi; pengembangan kompetensi peserta pelatihan kerja di BLK; pengembangan instruktur dan tenaga kepelatihan; pemetaan kebutuhan tenaga kerja bidang ketenagalistrikan; penyediaan pangkalan data (database) lulusan pelatihan kerja bidang ketenagalistrikan; fasilitasi program On The Job Training (OJT) bagi peserta pelatihan kerja; serta fasilitasi uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi bagi peserta pelatihan kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×