kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kilang Balikpapan siap beroperasi penuh


Senin, 17 April 2017 / 15:04 WIB
Kilang Balikpapan siap beroperasi penuh


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Pertamina (Persero) akhirnya selesai melaksanakan perawatan atau turn around Kilang Balikpapan II sesuai jadwal. GM Pertamina Refinery Unit V, Yulian Dekri mengatakan, turn around Kilang Balikpapan II dilaksanakan “on to on” berdurasi 42 hari kalender yang dimulai sejak 6 Maret 2017 sampai 16 April 2017.

Start-up kilang mulai dilaksanakan bertahap sejak 3 April 2017 sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku. Menurut Yulian, saat ini Kilang Balikpapan II sudah mulai beroperasi penuh kembali.

Turn around merupakan perawatan berkala kilang secara menyeluruh yang bertujuan untuk menjaga performa produksi ke depan dan dilaksanakan secara berkala setiap tiga sampai empat tahunnya.

“Komitmen kami dalam turn around ini adalah untuk melaksanakannya sesuai target turn around excellent, yaitu tidak ada accident ( tidak ada fatality, tidak ada kebakaran dan tidak ada pencemaran lingkungan), kualitas mutu terbaik, tepat waktu, dan tepat biaya," kata Yulian dalam acara syukuran Turn Around Kilang Balikpapan II, Senin (17/4).

Kegiatan turn around dilakukan dengan konsisten pada HSSE Golden Rules untuk menjamin aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lindungan lingkungan. Turn around kilang Balikpapan II melibatkan sekitar 3.500 tenaga kerja sebagai upaya pelibatan tenaga kerja lokal di Balikpapan dan sekitarnya dan dilaksanakan 24 jam.

Untuk mengawali pelaksanaan turn around dilaksanakan Grand Safety Talk bagi seluruh Tenaga Kerja yang terlibat dipimpin langsung oleh General Manager Pertamina RU V, Yulian Dekri. Dalam Grand Safety Talk tersebut kembali dipaparkan secara jelas mengenai aspek keselamatan yang wajib ditaati setiap tenaga kerja yang terlibat dalam pekerjaan di dalam area kilang.

Setiap memulai pekerjaan setiap hari dilakukan Tool Box Meeting untuk meyakinkan pekerja yang terlibat paham apa yang akan dilakukan, potensi bahaya serta mitigasinya dan setiap minggu dilakukan Grand ToolBox Meeting dan Safety Talk yang dipimpin oleh GM RU V.

Selama turn around berlangsung juga dilakukan monitoring HSSE selain progress pekerjaan oleh tim managemen secara rutin untuk memastikan kegiatan dilakukan dengan aman. Kilang Balikpapan memiliki kapasitas total sebesar 260.000 barel per hari, terdiri dari 2 unit yaitu Kilang Balikpapan I dengan kapasitas produksi 60.000 barel per hari dan Kilang Balikpapan II dengan kapasitas produksi 200.000 barel per hari.

Kilang Balikpapan memproduksi berbagai jenis bahan bakar seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, LPG, Avtur, Pertamina Dex dan berbagai produk lainnya. Kilang Balikpapan menyuplai sekitar 26% BBM di Indonesia dan merupakan kilang terbesar kedua di Indonesia setelah Kilang Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×