kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kontraktor swasta kian gesit berburu proyek


Rabu, 12 April 2017 / 22:27 WIB
Kontraktor swasta kian gesit berburu proyek


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Peran kontraktor swasta di bisnis konstruksi tampaknya semakin besar. Perusahaan swasta masih bisa meraup kontrak baik dari infrastruktur maupun proyek gedung di tengah dominasi kontraktor-kontraktor BUMN.

Lihat saja, tiga perusahaan konstruksi swasta berhasil mengantongi kontrak baru yang cukup besar selama tiga bulan pertama tahun ini. PT Acset Indonusa Tbk (ACST) misalnya, sudah meraup kontrak anyar senilai Rp 6,9 triliun. Ini melonjak 127,5% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yang hanya mampu membukukan Rp 2,4 triliun kontrak baru.

Bahkan perusahaan bagian dari Astra Group ini sudah berhasil melampaui target yang dipatok sebelumnya yakni Rp 4,5 triliun. Dengan terlewatinya target tersebut, ACST kemudian mengerek target menjadi Rp 7,5 triliun tahun ini.

Adapun kontrak baru yang dikantongi Acset sepanjang tiga bulan pertama ini berasal dari proyek infrastruktur yakni tol Jakarta-Cikampek II Elevated senilai Rp 6,6 triliun, jalan tol Terbagi Besar Kayu Agung yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatera dan proyek soil improvement work (central Java Project).

Meskipun masih banyak waktu mengejar target lebih tinggi, ACST tidak mau menaikkan target terlampau tinggi. "Pasalnya, target tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan terutama dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) agar proyek yang sudah didapat bisa dikerjakan dengan baik." kata Direktur Utama ACST, Jeffrey Gunadi Chandrawijaya, Senin (10/4).

Dengan tambahan kontrak carry over tahun lalu sebesar Rp 5,1 triliun maka total kontrak yang akan digarap perusahaan ini tahun 2017 mencapai Rp 12,6 triliun.

Untuk mengejar target baru yang sudah disusun, ACST masih akan fokus mengincar proyek infrastruktur baik dari eksternal maupun dari grup Astra. Saat ini, ACST sedang mengikuti tender dua proyek jalan tol yang dimiliki oleh Astratel yakni tol Kunciran-Serpong dan Serpong-Balaraja.

Meskipun sejak tahun 2016 sudah mengubah fokus ke arah infrastruktur, namun ACST tidak meninggalkan proyek gedung. Di grup sendiri, perusahaan akan mengincar proyek-proyek gedung yang dikembangkan melalui Astra Properti.

ACST masih optimistis prospek bisnis konstruksi masih akan cerah karena pembangunan infrastruktur masih berlanjut sementara proyek-proyek gedung juga mulai menggeliat.

Dengan kemampuan yang mereka miliki terutama dengan kelebihan di sisi pondasi, perusahaan bisa berperan di proyek-proyek infrastruktur.




TERBARU

[X]
×