kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kreasindo bangun kilang kapasitas 300.000 bph


Kamis, 13 April 2017 / 13:22 WIB
Kreasindo bangun kilang kapasitas 300.000 bph


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Pemerintah ingin perusahaan swasta juga ikut berperan dalam pembangunan kilang minyak. Saat ini proyek kilang yang digarap swasta sudah mendapat payung hukum berupa Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 35/2016 tentang Pelaksanaan Pembangunan Kilang Minyak di Dalam Negeri Oleh Badan Usaha Swasta.

Salah satu perusahaan yang berencana membangun kilang adalah PT Kreasindo Resources Indonesia. Kreasindo memang akan membangun kawasan industri minyak dan gas (migas) seluas 600 hektare di Situbondo, Jawa Timur. Dalam kawasan industri migas itu, perusahaan berencana membangun kilang minyak.

Direktur Utama Kreasindo Resources Indonesia Rudy Radjab menegaskan, proyek kilang masuk dalam agenda bisnis Kreasindo. Namun kapasitas kilang akan berubah karena pasokan minyak mentah (crude) bahan baku bagi kilang ini dari Iran juga berubah. "Crude berbeda, kapasitas kilang naik jadi 300.000 barel per hari," katanya ke KONTAN, Senin (10/4).

Rencana sebelumnya, kilang di Situbondo hanya memiliki kapasitas produksi sekitar 150.000 barel per hari. Dengan perubahan kapasitas tersebut, nilai investasi kilang juga ikut berubah.

Nilai investasi pembangunan kilang kapasitas 150.000 barel per hari diproyeksikan mencapai US$ 5 miliar. Akibat penambahan kapasitas ini, dana investasi kilang juga naik menjadi US$ 7,5 miliar.

Dengan perubahan tersebut, Kreasindo harus melakukan feasibility study lagi. Sehingga belum mengajukan izin kepada Kementerian ESDM untuk pembangunan kilang swasta.

Kreasindo juga masih harus mendapatkan izin dari Pemerintah Situbondo terkait lahan yang akan digunakan untuk pembangunan kilang. Diharapkan izin tersebut beserta feasibility study segera selesai pada tahun ini.

Demi mengejar target, Rudy menyebut kemungkinan besar Kreasindo akan mencari lokasi lain jika Pemerintah Daerah Situbondo tidak memberikan izin lokasi.

Sejauh ini, pemerintah pusat sudah membantu upaya proyek swasta. Misalnya, Permen ESDM tentang Kilang Swasta diterbitkan, serta kerjasama dengan Iran yang nantinya akan memasok crude untuk kilang tersebut. Jika segalanya lancar pada tahun ini, Kreasindo bisa memulai groundbreaking di akhir tahun. "Financial closing kami targetkan paling lambat awal 2018,"ujar Rudy.

Dia bilang, BUMN China sudah siap memberi pendanaan untuk pembangunan kilang ini. Sehingga diharapkan pembangunan konstruksi kilang yang memakan waktu 30 bulan bisa berjalan lancar.

Jika kilang sudah produksi, sebagian produk kilang yang jenis gasolin 92 ke atas ini akan disalurkan ke dalam negeri jika Pertamina bersedia menjadi off taker. "Tapi kalau tak bersedia, saya ekspor ke China dan Vietnam," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×