kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebaran memompa bisnis ban


Jumat, 02 Juni 2017 / 14:05 WIB
Lebaran memompa bisnis ban


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Sejumlah produsen ban optimistis, angka penjualan ban bakal melonjak karena terdorong momentum Lebaran. Itu sebabnya, para produsen ban sudah menyiapkan berbagai strategi untuk menjaring konsumen.

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Multristrada Arah Sarana Tbk, Uthan A. Sadikin menjelaskan, persiapan menghadapi penjualan Lebaran sudah dilakukan sejak Mei 2017 lalu. "Karena pengiriman Juni ini hanya bisa dilakukan dalam waktu dua pekan," katanya kepada KONTAN, Kamis (1/6).

Produsen ban sepeda motor dengan merek Corsa dan Achilles untuk mobil ini memproyeksikan peningkatan penjualan terjadi pada dua hingga tiga pekan menjelang Lebaran. Biasanya, sebelum persiapan mudik, para pengendara akan maintenance mesin dan penggantian roda kendaraan. "Untuk level toko bisa naik 10% dibandingkan periode biasa," sebut Uthan.

Menurut dia, para distributor mobil umumnya mengantisipasi stok ban di gudang dengan memesan lebih banyak dari waktu biasanya, naik hingga 20%. Adapun pembelian dan pengambilan ban dari Multistrada sudah dilakukan sejak 1,5 bulan sebelum barang dijual oleh distributor.

Mengintip laporan keuangan kuartal pertama tahun ini, emiten berkode MASA itu mencatatkan pertumbuhan penjualan 4% dari US$ 62 juta menjadi US$ 65 juta di tahun ini. Penjualan domestik masih memegang kontribusi terbesar bagi bisnis MASA, yakni 36% atau senilai US$ 24 juta. Sampai dengan kuartal pertama, penjualan ban di tingkat lokal mengalami peningkatan 33% dibandingkan tahun lalu, yang senilai US$ 18 juta.

Berikan bonus

Setali tiga uang dengan produsen ban lainnya, PT Gajah tunggal Tbk. Perusahaan ini pun meyakini bakal meraup pendapatan yang signifikan saat Lebaran. General Manager Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo, tidak menampik jika melihat tren tahun lalu terjadi pertumbuhan penjualan pada momentum Lebaran ini. "Tentunya tahun ini sama ada peningkatan," harapnya.

Arijanto bilang, lonjakan permintaan ban kendaraan mulai terasa tiga pekan sebelum Lebaran. Untuk tataran ritel milik perseroan ini, yakni Tire Zone dan Tire Express, Arijanto menuturkan, momentum mudik Lebaran bisa mendongkak penjualan 15%-20% ketimbang periode biasa.

Emiten berkode GJTL ini telah mengkoordinasi semua ritel-ritelnya supaya memberikan bonus (doorprize) tertentu untuk setiap pembelian ban kendaraan, khususnya roda dua. "Program ini khusus digelar di Jabodetabek dulu. Sebab, arus mudik terbesar berasal dari wilayah ini," ujar Arijanto.

Berdasarkan laporan keuangan per kuartal I-2017, GJTL meraup pendapatan Rp 3,7 triliun, naik 8% dibanding periode sama tahun lalu yang hanya Rp 3,4 triliun. Penjualan lokal berkontribusi hampir 54% atau senilai Rp 2 triliun. Penjualan domestik tumbuh 5% dari tahun sebelumnya yang senilai Rp 1,9 triliun.

Adapun PT Goodyear Indonesia Tbk, memproyeksi, penjualan menanjak 20%-30% dibandingkan periode biasa. Emiten berkode GDYR ini akan memaksimalkan penjualannya lewat beberapa program di Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×