kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LEN Industri bangun PLTS untuk operasional tol Bakauheni-Terbanggi


Minggu, 21 Januari 2018 / 15:30 WIB
LEN Industri bangun PLTS untuk operasional tol Bakauheni-Terbanggi
ILUSTRASI. PEMBANGUNAN TOL BAKAUHENI-TERBANGGI BESAR


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Len Industri bersinergi dengan BUMN konstruksi PT Hutama Karya membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di lokasi jalan tol Trans Sumatra ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Lampung.

Pembanguan PLTS itu di resmikan oleh Presiden Jokowi pada Minggu (21/01). Pembangkit listrik itu tepatnya dibangun di area gerbang tol Bakauheuni Selatan yang memiliki kapasitas 46 kWp system on grid yang dilengkapi battery yang akan memasok listrik untuk gerbang tol dan kantor operasional pengelola jalan tol.

"PLTS ini ditujukan untuk penghematan dan pemanfaatan energi ramah lingkungan. Ini mampu memberikan penghematan 20%-50% tagihan listrik.," kata Direktur Utama Len Zaky Gamal Yasin di Lokasi Peresmian Jalan Tol Bakauheni, Lampung, Minggu (21/1).

PLTS sudah menjadi prioritas pembangkit listrik di dunia dan digunakan dalam banyak fasilitas diantaranya perumahan, bandara, daerah wisata, pelabuhan, termasuk jalan tol serta digunakan oleh perusahan penyedia listrik menjadi salah satu sumber listrik terbaru yang efisien.

Zaki menambahkan, sebelumnya LEN investasi membangun dan mengoperasikan PLTS di Kupang tahun 2015 dengan kapasitas 5 MW yang juga terbesar di Indonesia. LEN akan terus eksis mengembangkan konsep energi terbarukan dengan PLTS untuk memperkecil ketergantungan pada energi fosil dengan memanfaatkan semaksimal mungkin material yang tersedia di Indonesia. "Dengan demikian pencapaian listrik sebesar 35.000 MW cepat tercapai sesuai dengan kebijakan pemerintah,” kata Zaky.

Sementara Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan lahan sekitar sepanjang tol untuk PLTS, jaringan gas, perkebunan, dan telekomunikasi.

"PLTS merupakan energi terbarukan yang sekaligus dapat digunakan sebagai efisiensi dan cadangan energi, kami senang bisa bekerja sama dengan Len membangun PLTS dan memaksimalkan potensi yang ada di sekitar jalan tol," ujar Putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×