kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media cetak masih mampu pertahankan posisinya


Jumat, 08 Desember 2017 / 11:51 WIB
Media cetak masih mampu pertahankan posisinya


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Media cetak masih mampu mempertahankan posisinya di tengah perubahan cepat sajian berita. Menurut survey Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal III 2017 yang dilakukan di 11 kota dan menginterview 17 ribu responden, saat ini media cetak (termasuk Koran, Majalah dan Tabloid) memiliki penetrasi sebesar 8% dan dibaca oleh 4,5 juta orang. Dari jumlah tersebut, 83%nya membaca koran.

Alasan utama para pembaca masih memilih koran adalah karena nilai beritanya yang dapat dipercaya. “Elemen trust terhadap konten tentu berpengaruh terhadap iklan yang ada di dalamnya. Sehingga keberadaan koran sebagai media beriklan sangat penting untuk produk yang mengutamakan unsur trust misalnya produk perbankan dan asuransi,” ujar Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Nielsen Media dalam keterangan pers diterima Kontan.co.id, Kamis (7/12).

Sedangkan untuk Tabloid atau Majalah lebih kepada kisah nyata yang diulas. Jika dilihat dari profil pembaca, media cetak di Indonesia cenderung dikonsumsi oleh konsumen dari rentang usia 20-49 tahun (74%), memiliki pekerjaan sebagai karyawan (32%) dan mayoritas pembacanya berasal dari Kelas Atas (54%).

Ini menunjukkan bahwa pembaca media cetak masih produktif dan dari kalangan yang mapan. Pembaca media cetak juga merupakan pembuat keputusan dalam rumah tangga untuk membeli sebuah produk (36%).

Membaca Buku adalah salah satu hobi dari konsumen media cetak. Selain membaca, mereka juga lebih cenderung menyukai Traveling. Tiga dari empat pembaca media cetak mengakui tidak keberatan saat melihat iklan karena iklan adalah salah satu cara untuk mengetahui produk baru.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, pembaca media cetak juga menggunakan Internet dalam kehidupan sehari-hari. “Tingginya frekuensi penggunaan internet di antara pembaca media cetak yang  mencapai 86%, yaitu di atas rata-rata yang sebesar 61% semakin memperkuat fakta bahwa pembaca media cetak berasal dari kalangan yang lebih affluent,” ujar Hellen Katherina,

Sebanyak 65% pembaca media cetak mengakses internet melalui Smartphone dan menghabiskan waktu dengan Internet hampir 3 jam setiap harinya. Kepembacaan melalui Internet atau Digital juga cukup tinggi.

Menurut data Nielsen Consumer and Media View, sampai dengan kuartal ketiga 2017, jumlah pembaca versi digital mencapai 6 juta orang dengan penetrasi sebesar 11%. “Ini membuktikan bahwa minat membaca tidak turun, tapi hanya berganti platform saja,” tambah Hellen.

Hal ini juga terlihat dari tingginya penetrasi kepembacaan digital di beberapa kota di pulau Jawa seperti, area Bandung dan sekitarnya (25%), Surakarta (22%), Yogyakarta dan sekitarnya (19%), Semarang dan sekitarnya (12%) serta Jakarta dan sekitarnya (11%). Sementara itu, di luar pulau Jawa, kebanyakan pembaca masih lebih banyak membaca dalam bentuk cetak.

Hal menarik lainnya adalah, versi digital mampu menjangkau pembaca dari Generasi Z dengan rentang usia 10-19 tahun (17%). Mereka adalah konsumen media masa depan. 

Berbicara tentang konten media, pada kenyataannya konten muatan lokal masih menarik perhatian para pembaca di beberapa kota di Indonesia, baik yang dibaca melalui media cetak ataupun yang diakses di media online.

Seperti di Makassar, sebanyak 80 % konsumen membaca konten lokal melalui Koran dan 60 % mengakses konten lokal melalui internet. Di Surakarta, 54 % konsumen membaca konten lokal malalui Koran dan 36 % mengaksesnya melalui Internet. 

Dilihat dari sisi belanja iklan, meskipun jumlah pendapatan belanja iklan turun 11 % dari tahun 2013 ke tahun 2017, namun total pendapatan iklan koran yang masih tetap berada di angka Rp21 Triliun adalah gambaran bahwa media cetak masih memiliki peluang mendapatkan kue iklan yang signifikan.

Jika dibandingkan porsi belanja iklan di media cetak dan media televisi, Kategori Hotel dan Restoran masih banyak beriklan di media cetak dengan share 97 %, lalu kategori Kesehatan dan Pengobatan serta kategori Toko/Toko Spesialis masing-masing memiliki share iklan yang tinggi di media cetak dengan 95%, disusul oleh Kategori Institusi Pendidikan Formal (89%).

Sementara share iklan di media cetak untuk Kategori Multivitamin dan Suplemen adalah 18 %, dan Kategori Perangkat dan Layanan Komunikasi masih di angka 12%, artinya pelaku media cetak masih memiliki peluang untuk memikat pengiklan dari kedua kategori ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×