kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mei 2018, Lazada mulai giring produk lokal UMKM ke regional


Rabu, 11 April 2018 / 16:38 WIB
Mei 2018, Lazada mulai giring produk lokal UMKM ke regional
ILUSTRASI. Perayaan enam tahun Lazada


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna meningkatkan nilai dan volume transaksi, para pelaku e-commerce mendorong para mitra penjual usaha kecil dan menengah (UKM) untuk naik kelas. Salah satunya adalah Lazada dengan upaya membawa produk lokal ke regional.

"Lazada punya tiga pilar upgrade UKM yakni offline ke online dengan berbagai roadshow. Online small ke big online bekerjasama dengan BRI dan Fullfilment by Lazada. Terakhir dari lokal ke global," ujar Chief Marketing Office Lazada Indonesia Achmad Alkatiri Rabu (11/4) di Jakarta.

Achmad bilang terkait upaya membawa produk lokal ke global, Lazada akan membawa satu kontainer produk UMKM Indonesia ke Malaysia dan Singapura pada 9 Mei 2018 mendatang.

Guna menyukseskan pilar ketiga Lazada ini, Achmad bilang pihaknya sudah menganalisa permintaan produk UMKM Indonesia di Malaysia dan Singapura. Lalu Lazada mengecek dan menyeleksi mitra penjual yang memiliki kapasitas untuk hal ini.

"Kita sesuaikan dengan kebutuhan produk di sana. Kita tidak ingin barang-barang ini numpuk di warehouse Lazada di sana. Produk yang akan dikirim berupa fesyen, aksesoris, dan kerajinan tangan. Kedepannya kita akan siapkan untuk kopi kemasan," jelas Achmad.

Achmad bilang bila hal ini berhasil, tidak menutup kemungkinan pada tahun ini Lazada Indonesia akan melanjutkan mengirimkan produk UMKM Indonesia ke negara-negara lain. Sebab Lazada juga hadir di Filipina, Thailand, dan Vietnam. Di setiap negara tersebut Lazada memiliki gudang dan data kebiasaan pengguna Lazada.

"Untuk tahap pertama ini ada 100-150 penjual yang dilibatkan. Nanti di setiap negara bakal ada kampanye digitalnya Corner Indonesia," jelas Achmad.

Achmad bilang sebenarnya semua mitra penjual Lazada bisa dibawa ke regional. Sekadar informasi saat ini Lazada memiliki 50.000 mitra penjual. Achmad menyatakan kontainer dari Indonesia nantinya akan dikirim setiap minggu di hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×