kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menghadang tikus dengan cuka di rumah


Kamis, 28 April 2016 / 14:13 WIB
Menghadang tikus dengan cuka di rumah


Reporter: rumahku.com | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Tak hanya kecoa, kehadiran tikus di rumah bisa membuat kondisi rumah menjadi terlihat sangat buruk. Kotoran, bekas pijakan ataupun bentuknya yang terlihat menjadikan pemilik rumah seringkali merasa jijik. Itulah mengapa hewan ini sangat perlu ditiadakan. 

Tikus mampu membawa bakteri penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja seperti yang terjadi pada tahun 1348-1350 yang menyebabkan masyarakat Eropa terkena wabah Pes yang mematikan. Pes berasal dari kutu tikus. Kehadiran wabah ini sukses menyebabkan angka kematian masyarakat Eropa meningkat hingga 60 persen. 

Cara terbaik untuk menghadang dan mengusir tikus adalah dengan menggunakan cuka, bola-bola kapas dan sarung tangan karet. Tak perlu mahal, namun tikus dipastikan akan segera menghilang dari rumah Anda. 

Pertama, periksalah seluruh bagian rumah termasuk celah-celah tersembunyi yang ada di rumah Anda, seperti di bagian bawah lemari. Pastikan tidak ada sisa remah makanan yang tersembunyi di sudut-sudut celah. Gunakan vacuum cleaner untuk memastikan kebersihannya. 

Kemudian pel lah seluruh lantai ruangan Anda dengan menggunakan campuran cuka dan air. Sementara itu siapkan juga bola-bola kapas di tempat berbeda. Tuang cuka pada bola-bola kapas hingga meresap. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan plastik untuk menjaga ‘keamanan’ tangan Anda. 

Letakkan bola-bola kapas pada tempat-tempat yang paling sering didatangi tikus. Dapur dan tempat-tempat gelap adalah area yang paling sering didatangi oleh hewan kecil ini. 

Pastikan pula Anda selalu mengecek bola-bola kapas cuka tersebut. Jika bola-bola kapas sudah megnering dan tidak ada lagi bau cuka tercium, maka segera gantikan kembali bola-bola kapas tersebut dengan cuka.

Hal ini akan sangat efektif untuk mengusir tikus, mengingat tikus sangat membenci aroma cuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×