kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Susi minta Jepang menurunkan bea masuk produk ikan Indonesia


Jumat, 01 Juni 2018 / 13:45 WIB
Menteri Susi minta Jepang menurunkan bea masuk produk ikan Indonesia
ILUSTRASI. Menteri Susi Pudjiastutti


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Dalam lawatan resminya ke Jepang pekan ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menyampaikan permintaan penurunan atau bahkan pembebasan tarif bea masuk produk perikanan Indonesia ke Jepang melalui skema IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement).

Hal tersebut ia sampaikan kepada Menteri Luar Negeri Jepang (Minister Foreign Affairs Japan) Taro Kono, di kantor Kemlu Jepang di Tokyo, Rabu (30/5).

Susi mengharapkan Indonesia diberikan fasilitas tarif bea masuk pada produk perikanan sebagaimana yang telah diberikan Jepang kepada Thailand dan Vietnam. Pasalnya, selama ini Indonesia masih dikenakan tarif bea masuk rata-rata 7%, sehingga harga produk perikanan Indonesia sulit bersaing dengan produk Thailand dan Vietnam.

“Tolong dipertimbangkan Jepang agar Indonesia juga dibebaskan tarif bea masuk. Selama ini kami masih dikenakan tarif bea masuk 7%,” kata Susi melalui keterangan tertulis, Kamis (31/5).

Menuru Susi, Indonesia pantas mendapatkan pembebasan tarif bea masuk ini mengingat Indonesia jauh lebih gencar dalam pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) dibandingkan dua negara tersebut.

Ia pun berpendapat, jika Indonesia dibebaskan tarif bea masuk, maka manfaat bukan hanya dapat dinikmati pengusaha perikanan Indonesia, tetapi juga pengusaha Jepang yang berinvestasi pada industri pengolahan hasil laut.

Menteri Taro menanggapi, pihaknya tengah melakukan review terhadap kebijakan-kebijakan perdagangan Jepang dan Indonesia. “Saya juga akan panggil Menteri Pertanian untuk menanyakan hal ini,” ujar Taro.

Tak hanya itu, dalam rangka mempercepat peningkatan ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar internasional, Menteri Susi juga menawarkan kerja sama pembangunan enam Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) kepada Jepang, khususnya di tiga lokasi, yaitu SKPT Sabang, Morotai, dan Natuna.

Menteri Susi mengatakan, pemerintah Indonesia sedang melakukan penelitian dan evaluasi dampak dari kebijakan pengembangan SKPT, baik yang berada di wilayah barat dan timur Indonesia terhadap hasil tangkapan ikan Tuna.

“Hasilnya positif. Tangkapan tuna jauh meningkat. Untuk itu, kami mengundang investor Jepang untuk berinvestasi di lokasi SKPT di Indonesia,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Taro mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk berfokus dalam asistensi pengembangan lokasi SKPT dimaksud.

Menteri Taro juga menyampaikan masukan agar Indonesia memaksimalkan promosi perikanan lokal di masing-masing SKPT yang dibangun.

“SKPT dibangun bukan hanya sebagai pelabuhan kapal-kapal penangkap ikan. Jauh lebih penting justru menjadikannya sebagai sarana promosi produk perikanan yang berasal dari wilayah tersebut, sekaligus meningkatkan perekonomian daerah,” paparnya.

Sehubungan dengan penyelenggaraan Our Ocean Conference (OOC) yang akan digelar di Bali pada 29-30 Oktober 2018 mendatang, Menteri Susi mengundang kehadiran Menteri Taro yang mendapat sambutan baik. “Saya akan usahakan untuk hadir,” kata Menteri Kano.

Menteri Taro mengaku senang dengan kunjungan Menteri Susi bersama rombongan, dan berharap kerja sama Indonesia – Jepang utamanya di bidang perikanan dapat terus ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×