kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitsubishi memoles jasa cat dan bodi


Selasa, 31 Januari 2017 / 11:44 WIB
Mitsubishi memoles jasa cat dan bodi


Reporter: Agung Hidayat, Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Manajemen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkuat bisnis layanan purna jual dengan menambah bengkel perbaikan bodi dan pengecatan. Bisnis bengkel agen pemegang merek (APM) mobil Mitsubishi ini sekaligus melengkapi fasilitas purna jual mobil Mitsubishi yang sudah ada.

Hisashi Ishimaki Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyatakan, Mitsubishi sengaja mempersiapkan layanan bengkel untuk mengantisipasi potensi kenaikan populasi mobil penumpang Mitsubishi di Indonesia. "Penambahan fasilitas ini merupakan bagian dari komitmen kami meningkatkan pelayanan dan kenyamanan konsumen," kata Ishimaki dalam penjelasan tertulis usai peresmian fasilitas bengkel perbaikan bodi dan cat di Bekasi, Senin (30/1).

Apalagi, April 2017 nanti, KTB akan mengoperasikan pabrik baru di Cikarang Jawa Barat. Pabrik ini memproduksi Mitsubishi XM Concept di segmen multi purpose vehicle (MPV). XM Concept digadang-gadang mampu menandingi popularitas Toyota Avanza.

Mobil ini telah diperkenalkan KTB sejak tahun lalu. Untuk pabrik baru tersebut, KTB mempersiapkan kapasitas produksi sampai 160.000 unit per tahun.

KTB tak hanya menambah satu bengkel bodi dan cat di Bekasi Jawa Barat. Sebelumnya perusahaan ini telah mengoperasikan bengkel serupa di Bandung Jawa Barat dan Lampung.

KTB juga berencana menambah jaringan bengkel tersebut lebih banyak lagi. "Kami menargetkan 10 diler yang dilengkapi dengan fasilitas bengkel bodi dan cat ini hingga akhir tahun 2017, dan akan terus berkembang," terang Ishimaki.

Khusus untuk bengkel perbaikan bodi dan cat di Bekasi, KTB mempersiapkan daya tampung 200 unit kendaraan per bulan. Jika ada 10 bengkel dengan daya tampung yang sama, berarti kapasitas bengkel perbaikan bodi dan cat untuk mobil berpenumpang Mitsubishi tersebut mencapai 2.000 unit per bulan.

Ishimaki menambahkan, fasilitas bengkel perbaikan bodi dan cat merupakan tambahan dari fasilitas layanan diler yang sudah ada yakni fasilitas 3S (Sales, Service, Sparepart). Khusus untuk bengkel bodi dan cat di Bekasi, KTB tidak mengoperasikannya sendirian. Perusahaan ini menjalin kerjasama dengan PT Sun Star Motor Bekasi.

Target 143 diler di 2018

Irwan Kuncoro, Operating General Manager Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Marketing Division KTB menambahkan, tarif jasa pengecatan dan perbaikan bodi berkisar antara Rp 700.000-Rp 800.000 per panel. "Jika ada 12 panel-14 panel yang diperbaiki, tarif jasa bisa Rp 10 juta per mobil," katanya.

Andaikata satu bengkel melayani 200 mobil dengan jasa Rp 10 juta per mobil, satu bengkel berpotensi meraup pendapatan Rp 2 miliar per bulan. Namun, Irwan menyatakan, saat ini belum mematok angka pasti sebagai target pendapatannya. "Belum ada target kontribusinya ke bisnis kami, soalnya jumlah bengkel masih sedikit," kata Irwan.

Sebelum membuka bengkel, KTB terlebih dahulu menyusun rencana penambahan diler. Sampai tahun 2018, Mitsubishi ingin membuka 143 diler. Sampai dengan Oktober 2016, KTB telah membuka diler mobil penumpang yang ke-84 di Jambi. Penambahan diler tersebut juga untuk mengantisipasi dan persiapan menyambut XM Concept.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×