kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pacu bisnis, Pelni perkuat sinergi sesama BUMN


Jumat, 02 Maret 2018 / 15:36 WIB
Pacu bisnis, Pelni perkuat sinergi sesama BUMN
ILUSTRASI. KESIAPAN ANGKUTAN LAUT JELANG TAHUN BARU


Reporter: Dadan M. Ramdan | Editor: Dadan M. Ramdan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih dalam semangat sinergi BUMN, PT Pelni (Persero) kembali menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan BUMN, diantaranya Perum Damri, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), dan Perusahaan Umum Produksi Film Negara (Perum PFN). Jalinan kerjasama ini lewat penandatanganan memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan di atas salah satu kapal Pelni yang sandar di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (3/3).

Penandatanganan dilakukan oleh masing-masing direksi, antara lain Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT RNI Agung P Murdanoto, Direktur Utama Perum Damri B Didik Prasetyo, dan Direktur Utama Perum PFN Mohamad Abduh. Upaya sinergi BUMN antara Pelni, Damri, RNI dan PFN juga dihadiri oleh Deputi Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang yang didampingi oleh Asisten Deputi KSPP.

Corporate Secretary PT Pelni Ridwan Mandaliko meyakini bahwa dengan melakukan sinergi sesama BUMN menjadi sesama perusahaan BUMN bertumbuh lebih cepat karena jalinan bisnis didukung penuh oleh Kementerian BUMN. "Tanpa dorongan dari Kementerian BUMN untuk terus membangun sinergi BUMN, saya rasa perusahaan BUMN yang masih di level menengah sulit untuk cepat merangkak naik. Tapi sejak Pemerintah melalui Kementerian BUMN mengajak semua perusahaan BUMN untuk bersinergi, arah pertumbuhan bisnis Pelni semakin baik dan ini bagus melihat besarnya tantangan yang hadir di depan mata," ujar Ridwan dalam keterangan resminya.

Ridwan merinci, untuk sinergi dengan RNI, Pelni berharap perusahaan bergerak di sektor angkutan logistik, sementara bersama Damri, Pelni ingin menyediakan akses pelanggan kapal Pelni saat hendak menuju terminal penumpang. Pelni sendiri melihat besarnya kebutuhan pelanggan kapal Pelni akan akses trasportasi menuju terminal penumpang di sejumlah daerah, khususnya daerah yang sangat bergantung pada transportasi laut.

Bersama Damri, Pelni akan menghadirkan layanan yang memudahkan para pelanggannya. Pelni sendiri saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang dan 46 kapal perintis yang menjangkau  begitu banyak kota besar maupun daerah terpencil di Nusantara. Selain itu, pemerintah juga menunjuk Pelni untuk menyediakan layanan angkutan logistik berupa kapal tol laut, baik kapal barang maupun kapal angkutan ternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×