kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo IV genjot ekonomi Indonesia timur lewat direct call dan direct export


Jumat, 04 Mei 2018 / 20:10 WIB
Pelindo IV genjot ekonomi Indonesia timur lewat direct call dan direct export
ILUSTRASI. PERALATAN BONGKAR MUAT PELABUHAN AMBON


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelindo IV mendukung pembangunan konektivitas laut di kawasan timur Indonesia (KTI) dengan implementasi direct call dan direct export ke luar negeri. Langkah ini dilakukan lewat kerjasama dengan perusahaan pelayaran internasional asal Hongkong, SITC.

Direct call dan direct export memang intens dilakukan melalui beberapa pelabuhan besar di KTI di antaranya Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Jayapura.

"Direct call dan direct export langsung manfaatnya banyak. Kedua kegiatan itu harus ada di Indonesia timur karena selama ini selalu terpusat di Jakarta dan Surabaya. Sehingga perekonomian daerah di Indonesia Timur bisa meningkat hingga memberi kesejahteraan bagi masyarakat luas," kata Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan PT Pelindo IV, Farid Padang dalam keterangan resminya, Jumat (4/5).

Farid mencontohkan, Maluku yang merupakan lumbung ikan. Sebanyak 30% ikan yang diekspor Indonesia berasal dari wilayah tersebut. Namun kekayaan laut Maluku tidak bisa berkontribusi maksimal terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu karena ikan yang diambil dari laut Maluku dibawa terlebih dulu ke Surabaya atau Jakarta, barulah kemudian masuk ke pasar ekspor.

Jika berkaca pada hasil implementasi international direct call di Makassar, Pelindo IV terbukti mampu mengurangi waktu ekspor ke China menjadi hanya 16 hari dari semula 24 hari. Demikian pula ekspor ke Jepang turun menjadi 18 hari dari semula 28 hari. Sementara ke Korea menjadi 17 hari dari semula 26 hari.

Efisiensi waktu yang signifikan tersebut didapat karena dengan direct call, tidak ada lagi proses dwelling time yang biasanya memakan waktu 5 hari-9 hari.

Bahkan biaya per kontainer berkurang drastis, dari semula mencapai Rp 4,09 juta per kontainer menjadi hanya Rp 792.000 per kontainer.

"Daya saing produk pun akan meningkat, misalnya seperti ikan beku jauh lebih segar bila lewat jalur direct call karena waktunya lebih singkat. Sehingga sampai di Negara tujuan kualitas ikan masih bagus, harga pun tinggi. Tentunya ini akan memberikan multiplier effect bagi Kawasan Timur Indonesia," kata Farid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×