kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan mobil seken tetap melaju


Kamis, 31 Mei 2018 / 06:03 WIB
Penjualan mobil seken tetap melaju
ILUSTRASI. Sentra Pasar Mobil Bekas Kemayoran, Jakarta


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan menjadi momentum yang menggembirakan bagi industri otomotif. Di saat seperti ini, penjualan mobil rata-rata mengalami peningkatan. Tidak hanya mobil baru, mobil bekas alias seken juga banyak peminat.

Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua mengatakan, lonjakan permintaan mobil bekas saat Ramadan cukup signifikan dibandingkan rata-rata penjualan di bulan-bulan biasa.

Bila rata-rata penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua mencapai 2.400 unit, saat Ramadan meningkat hingga mencapai 40%. "Bulan Lebaran ini kami perkirakan akan meningkat hingga 40%," kata Herjanto kepada KONTAN, Senin (28/5).

Tercatat, penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua pada kuartal I-2018 mencapai 7.000 unit. Sedangkan, penjualan di kuartal II-2018 diperkirakan meningkat menjadi 8.000 unit hingga 9.000 unit. Kenaikan penjualan ini tidak tidak lepas dari faktor momentum Ramadan.

Namun, untuk tren penjualan mobil di paruh kedua tahun ini, Herjanto masih belum dapat memperkirakan. "Tapi kami masih optimistis, tahun ini penjualan total bisa mencapai 35.000 unit," ujar Herjanto.

Penjualan mobil yang ramai saat ramadan seperti saat ini adalah model multipurpose vehicle (MPV). Menurutnya kendaraan ini memang khusus untuk kendaraan keluarga yang bisa menampung banyak penumpang saat mudik.

Adapun beberapa merek mobil bekas yang masih menjadi idola para konsumen antara lain, Toyota Avanza, Alphard, dan juga Vellfire. Selain itu, mobil keluaran terbaru Mitsubishi Xpander juga banyak diminati.

Walaupun terjadi ada kenaikan permintaan, tetapi Herjanto bilang harga jual mobil bekas di WTC Mangga Dua tahun ini tidak ada perubahan yang sangat signifikan.

Senada, lonjakan permintaan mobil saat mendekati lebaran juga dikatakan Halomoan Fischer, President Director Mobil88 PT Serasi Autoraya. "Target kita sebulan lebaran tahun ini mencapai 2.000 unit atau naik 5% dibanding tahun lalu," katanya.

Menurut Halomoan, mobil model MPV masih menjadi pendorong penjualan. Harga jual mobil bekas relatif tidak ada banyak perubahan karena harga mobil bekas cenderung stabil dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×