kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peremajaan persinyalan KA Manggarai-Jatinegara


Jumat, 29 September 2017 / 20:44 WIB
Peremajaan persinyalan KA Manggarai-Jatinegara


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan melaksanakan switch over persinyalan antara Stasiun Manggarai - Stasiun Jatinegara pada dini hari Sabtu, (30/9).

Peremajaan sistem persinyalan kereta ini diperlukan mengingat sistem persinyalan eksisting yakni sistem SSI dari Inggris sudah terlampau lama (dibangun tahun 1980).

Sistem persinyalan lama dinilai tidak mampu melayani peningkatan yang luar biasa untuk frekuensi perjalanan KA saat ini. Sistem persinyalan kereta yang baru akan menggunakan sistem persinyalan Kyosan dari Jepang yakni K-5B System.

K-5B processor system merupakan generasi ketiga (32 bit/sec) yang jauh lebih modern dibanding dengan SSI processor system (8 bit/sec).

Keunggulan lain dari sistem persinyalan ini adalah menggunakan redundant system 2-out-of-2 sehingga akan meningkatkan kehandalan sistem persinyalan di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

Pelaksanaan pembangunan persinyalan lintas Manggarai-Jatinegara dan lintas Cakung-Cikarang telah dimulai pada tahun 2015 yang lalu, yang meliputi tahapan sebagai berikut: desain, pengadaan, dan intalasi. Dan untuk pelaksanaan pergantian sistem persinyalan ini memerlukan waktu sekitar 4 jam.

Berkenaan dengan pelaksanaan switch over tersebut, dilakukan koordinasi dengan PT. KAI (Persero) terkait window time.

"Sebelum pelaksanaan switch over, telah dilakukan safety assessment, dan pengujian terlebih dahulu oleh Direktorat Teknis di lingkungan Ditjen Perkeretaapian" ujar Joice, Kasubag Humas dan KSLN, Ditjen Perkeretaapia, Jumat (29/9).

Kegiatan switch over merupakan kegiatan peralihan fungsi dari sistem persinyalan lama ke persinyalan baru sehingga operasi KA dapat berjalan normal.

Sebelumnya pada tanggal 7 Juni 2017, telah dilakukan switch over persinyalan pada lintas Cakung – Cikarang, sehingga pelaksanaan switch over lintas Manggarai-Jatinegara melengkapi penyelesaian pekerjaan persinyalan lintas Manggarai-Cikarang.

Pengoperasian sistem persinyalan baru pada lintas Manggarai - Cikarang merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan pada lintas tersebut.

Pekerjaan penggantian sistem persinyalan ini adalah bagian dari pembangunan Double Double Track (DDT) Manggarai – Cikarang yang diawasi oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×