kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina EP memulai pengeboran di Poleng Field


Kamis, 21 September 2017 / 13:05 WIB
Pertamina EP memulai pengeboran di Poleng Field


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Anak usaha PT Pertamina, PT Pertamina EP akan memulai pengeboran pertama lepas pantai pada Kamis (21/9). Pengeboran lepas pantai ini akan dilakukan di Poleng Field.

Chalid Said Salim, Direktur Operasi dan Produksi Pertamina EP, bersama dengan Asset 4 Pertamina EP mengecek kesiapan tim dan peralatan. Lokasi sumur yang akan dibor, tambah Chalid, bernama Poleng N2 atau sumur CW-12H yang memiliki koordinat permukaan X : 708,283.73 ; Y : 9.259.346,09. 

"Insyaallah dengan diawali doa bersama dan itikad baik serta dukungan seluruh pihak, insyaallah Kamis (21/09), mulai dilaksanakan kegiatan pemboran dengan durasi pekerjaan estimasi mencapai 45 hari dengan target kedalaman mencapai 9.000 feet dan perkiraan biaya mencapai US$ 15 juta", kata Chalid dalam siaran pers, Rabu (20/9).

Chalid menambahkan bahwa pemboran ini merupakan wujud sinergi positif antar anak perusahaan hulu Pertamina yaitu PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi.
"Terutama bagi PT Pertamina EP yang baru pertama kali melakukan pemboran lepas pantai, hal ini merupakan proses pembelajaran bagi semua fungsi terkait dalam perencanaan, persiapan dan eksekusi", kata Chalid.

Lebih lanjut, Chalid menjelaskan bahwa melalui kegiatan pemboran ini diharapkan mampu menghasilkan 700 barel minyak per hari dan 1,2 juta kaki kubik gas per hari. Selain itu pemboran ini juga bertujuan untuk menambah titik serap hidrokarbon di area CW di struktur Kujung.

Didik Susilo, General Manager Asset 4 Pertamina EP mengatakan bahwa Asset 4 merupakan salah satu aset yang paling lengkap. Selain memiliki lapangan minyak, ada juga tiga pusat produksi gas yaitu CPP Gundih, CPP Donggi dan CPP Matindok. Asset 4 juga ada lapangan di darat serta di lepas pantai seperti yang ada di Poleng Field ini. 

Poleng Field masuk ke Pertamina EP kurang lebih empat tahun yang lalu. "Semoga hasil pemboran ini sesuai dengan target yang telah diperhitungkan sebelumnya bahkan lebih tinggi lagi", ujarnya.

Charles P. Siallagan Poleng Field Manager menjelaskan bahwa sampai saat ini tim Asset 4 Poleng Field sangat optimis dengan persiapan pemboran Poleng N2 tersebut. "Kami sangat berharap pemboran ini berjalan lancar dan bisa menambah produksi Pertamina EP pada khususnya dan secara nasional pada umumnya," kata Charles.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×