kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina imbau masyarakat gunakan LPG dengan benar agar aman


Rabu, 14 Februari 2018 / 23:54 WIB
Pertamina imbau masyarakat gunakan LPG dengan benar agar aman
ILUSTRASI. ELPIJI TIGA KILOGRAM


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) mengimbau agar masyarakat bisa menggunakan LPG dengan baik dan benar. Demi meminimalisir risiko terjadinya insiden yang terkait LPG 3 kg.

Hal ini disampaikan Unit Manager Communication & CSR, Dian Hapsari Firasati menyusul terjadinya kebakaran pada hari Rabu (13/2) di daerah TKP Komplek Metland Cakung Cluster Teresa Blok J9, Cakung Jakarta Timur. Salah satu kemungkinannya disebabkan oleh ruangan yang terlalu tertutup sehingga tidak ada sirkulasi udara yang cukup.

"Kami prihatin atas kejadin tersebut. Untuk itu kami kembali mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan penggunaan LPG yang baik dan benar," kata Dian dalam siaran pers pada Kamis (14/2).

Dian menjelaskan, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan LPG 3 kg adalah kondisi ruangan yang sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup. "Dengan sirkulasi udara yang baik, maka apabila ada gas yang keluar maka bisa langsung menuju udara bebas," ujarnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan penggunaan LPG yang pertama adalah memastikan kompor dan tabung LPG diletakkan di ruangan dengan sirkulasi dan ventilasi udara yang baik, sebelum memasang tabung pastikan seal atau karet penyekat sudah terpasang dengan benar dan pastikan tidak rusak / sobek, selang harus terpasang erat dengan penjepit regulator maupun kompor serta pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

Terpenting tambahnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan Pertamina menghimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kondisi selang, krem, valve dan regulator secara berkala.

Selain itu tentunya prinsip kehati-hatian dalam memasak, seperti tidak meninggalkan proses memasak dengan kompor menyala. Apabila terjadi kebocoran, Pertamina menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan melakukan beberapa langkah berikut yaitu cabut regulator dari tabung, tutup valve dengan kain basah dan bawa tabung keluar ruangan serta diletakkan ke tempat terbuka.

Jangan menyalakan api atau listrik saat terjadi kebocoran gas serta jangan menaruh stop kontak dekat kompor. “Kami harap kejadian serupa tidak terjadi kembali dan kita sama-sama sebagai masyarakat dapat saling peduli untuk mengingatkan dan membudayakan mementingkan keamanan dalam penggunaan LPG,” pungkas Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×