kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGN perluas penyaluran gas rumah tangga ke Blora


Jumat, 29 Juli 2016 / 12:50 WIB
PGN perluas penyaluran gas rumah tangga ke Blora


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memperluas infrastruktur jaringan gas bumi ke rumah tangga, setelah beberapa waktu lalu merampungkan proyek pipa gas di Kawasan Industri Wijaya Kusuma, Semarang, Jawa Tengah, kali ini PGN sedang membangun jaringan pipa gas ke 4.000 rumah tangga di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Proyek ini merupakan penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur PGN, Dilo Seno Widagdo mengungkapkan, sebagai satu-satunya BUMN gas di Indonesia, PGN bakal memperluas pemanfaatan gas bumi yang hemat dan ramah lingkungan di berbagai daerah. Kali ini di Wilayah Blora, PGN tengah membangun jaringan pipa gas sepanjang 24 km.

"Saat ini 780 sambungan gas rumah tangga di Blora sudah siap untuk menggunakan gas bumi untuk keperluan memasak sehari-hari dari 4.000 rumah yang ditargetkan menikmati gas bumi dari PGN," kata Dilo melalui keterangan tertulis, Jumat (29/7).

Bupati Kabupaten Blora Djoko Nugroho mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah PGN yang memperluas jaringan gas bumi hingga bisa dinikmati warganya. Ia yakin, dengan adanya pasokan gas bumi yang hemat, ramah lingkungan, dan mudah serta aman ini, dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Blora.

"Apalagi gas bumi tersebut berasal dari produksi di wilayah Blora, yang tanpa mengandalkan impor," ungkapnya.

Area Head PGN Semarang, Edy Sukamto menambahkan, secara bertahap PGN akan menyelesaikan 4.000 sambungan rumah tangga di tujuh kelurahan, di Blora, Jawa Tengah. "Untuk saat ini Kelurahan Sumber menjadi wilayah pertama yang akan menikmati manfaat gas bumi yang notabene merupakan wilayah terdekat diproduksinya gas bumi tersebut," katanya.

Secara nasional, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Adapun pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×