kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pindo Deli II targetkan tekan penggunaan air 20%


Jumat, 29 September 2017 / 18:07 WIB
Pindo Deli II targetkan tekan penggunaan air 20%


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Unit Industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Pindo Deli Pulp & Papers Mills II Karawang optimistis dapat melakukan efisiensi penggunaan air dalam proses produksi menjadi 25% atau bahkan 20% pada akhir tahun ini. Begitu penggunaan airnya berkurang, maka limbah industri juga ikut berkurang dan ini dapat melestarikan lingkungan di sekitar.

Kepala Pabrik Pindo Deli Karawang, Hendri Gunawan mengatakan, pengurangan air di industri merupakan salah satu langkah menjaga lingkungan di sekitar kawasan industri. Ia bilang, pihaknya terus berkomitmen meningkatkan kinerja dan efisiensi penggunaan air termasuk recyle penggunaan air dan dalam mengelola air limbah.

"Bila hal ini tercapai maka kualitas hasil olahan Waste Water Treatment (WWT) tetap memenuhi persyaratan baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah," ujarnya, Jumat (29/9).

Budi Kurniawan, Kasubdit Inventarisasi dan Alokasi Beban Pencemaran Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, Pindo Deli II merupakan salah satu industri yang ada di Indonesia yang memiliki manajemen limbah yang baik.

Karena itu, ia bilang, dalam kunjungan Water Environmental Partnership in Asia (WEPA) ke Indonesia yang berlangsung 26-28 September 2017, KLHK membawa delegasi WEPA mengunjungi Pindo Deli II yang telah menjalankan praktik terbaik dalam pengeloalan air limbah yang memadai.

"Pindo Deli II merupakan contoh representasi perusahaan Indonesia yang berhasil memenuhi syarat teknis dan inspeksi dari instalasi pengelolaan air limbah yang ditetapkan pemerintah," imbuhnya.

Pindo Deli II pernah meraih dua penghargaan dari Kementerian Perindustrian (Kemperin) dan KLHK pada tahun 2016. Dari KLHK, Pindo Deli II mendapatkan Proper Award kategori Hijau untuk kapabilitas instalasi pengelolaan limbah perusahaan yang telah melebihi standar syarat yang ditetapkan.

Sementara dari Kemperin, Pindo Deli II mendapatkan penghargaan Industri Hijau 2016 (Level 5) sebagai penerima penghargaan tertinggi dalam kategori mitigasi terhadap dampak lingkungan. Pertemuan tahunan WEPA ini merupakan ajang saling berbagi pengetahuan antar delegasi, baik dari segi kebijakan, regulasi, teknis, pemantauan, maupun inspeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×