kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN merampungkan GIS Jakarta Timur


Jumat, 22 September 2017 / 22:07 WIB
PLN merampungkan GIS Jakarta Timur


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - PT PLN meresmikan selesainya pembangunan gas insulated switchgear (GIS) New Pulogadung kapasitas 6 x 60 MVA dan 6 transmission bays, Bekasi, KM 21, Rawa Terate, Pulogadung, Jakarta Timur.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS mengatakan, peresmian GIS New Pulogadung semakin memperkuat posisi penyaluran energi sisi timur. "Pembangunan GIS New Pulogadung yang dilakukan Regional Jawa Bagian Barat PLN akan memperkuat sistem kelistrikan Jakarta untuk menggaransi terciptanya pertumbuhan kelistrikan di wilayah DKI Jakarta yang terus meningkat dan berkelanjutan," terangnya melalui siaran pers yang diterima, Jumat (22/9).

Ia bilang, GIS New Pulogadung juga akan memperkuat sistem kelistrikan di wilayah timur Jakarta, Bekasi dan sekitarnya, khususnya untuk pengembangan industri dan kawasan. "Dengan ketersediaan pasokan energi yang cukup, kami yakin daerah kotamadya Bekasi dan wilayah industri di sekitarnya akan mendapatkan pasokan listrik yang cukup dan diharapkan dapat memacu pertumbuhan perekonomian di sekitar lokasi ini," ucapnya.

Asal tahu saja, gardu induk jenis ini berisolasi sulfur hexaflouride (SF6). GIS merupakan bentuk pengembangan dari gardu induk konvensional, yang mana GIS jenis ini pada umumnya dibangun di daerah perkotaan atau padat pemukiman yang sulit untuk mendapatkan lahan.

Jenis gardu induk ini hampir semua komponennya (switchgear, busbar, isolator, komponen kontrol, komponen kendali, cubicle, dan lain-lain) dipasang di dalam gedung. Kecuali transformator daya, yang pada umumnya memang dipasang di luar gedung.

Adapun nilai investasi GIS New Pulogadung dengan nilai kontrak sebesar Rp 109,38 miliar menggunakan pendanaan yang berasal dari anggaran PLN. GIS New Pulogadung dikerjakan oleh konsorsium PT General Eleectric dan PT Pencie Indonesia di bawah penanggung jawab PLN Transmisi Jawa Bagian Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×