kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Railink siapkan sistem ticketing KA Bandara Soetta


Sabtu, 30 September 2017 / 12:02 WIB
Railink siapkan sistem ticketing KA Bandara Soetta


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Railink akan mengoperasikan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta. Demi mendukung upaya itu, Railink terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Salah satu bentuk inovasi itu adalah Airport Railways Ticketing System (ARTS). ARTS merupakan sistem ticketing berbasis online yang bisa diakses melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.

"ARTS ini merupakan sistem ticketing yang dikembangkan sendiri oleh PT Railink dan menjadi salah satu persembahan terbaik kami untuk masyarakat. Kami juga sampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan ARTS ini," ujar Direktur Operasi dan Teknik Railink Porwanto Handry Nugroho, Sabtu (30/9).

Pengenalan ARTS ini telah dilakukan Railink pada perayaan HUT Perusahan ke-11 pada 28 September 2017 di Stasiun KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Porwanto menjelaskan, ARTS ini akan menjadi sistem ticketing transportasi publik di masa mendatang. Ini lantaran banyak keunggulan yang dihadirkan di ARTS, mulai dari pembayaran yang bisa dilakukan secara non tunai (cashless), tanpa kartu (cardless), serta tanpa operator (manless).

Cashless, berarti tidak ada lagi pembayaran tunai yang dilakukan pada semua chanel penjualan tiket KA Bandara yang disediakan oleh ARTS. Cardless, berarti ARTS tidak mengeluarkan kartu khusus sebagai alat transaksi.

"Jadi setiap penumpang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu perbankan yang mereka miliki baik berupa kartu debet, kartu kredit, maupun prepaid," papar Porwanto.

Sedangkan manless, berarti ARTS tidak lagi menyediakan ticket counter yang dilayani oleh operator. Calon penumpang dapat membeli tiket melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.

Adapun dalam penyelenggaraannya, Railink telah bekerja sama dengan perbankan, payment gateway dan penyedia jaringan. Dari perbankan di dukung BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Maybank Indonesia, Bank Permata dan Bank QNB. Selain itu ada juga Telkomsel dengan produk TCASH. Sementara dari payment gateway ada DOKU, Midtrans, Artasaja, Finnet dan Kartuku. Lalu, sebagai penyedia jaringan adalah ICON+.

"Melalui ARTS, Railink siap mendukung pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat, dan kami berharap melalui sitem ini selain dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan handal juga dapat dijadikan sebagai acuan sistem ticketing untuk transportasi publik lainnya," imbuh Porwanto.

Seperti diketahui, Railink mengembangkan ARTS ini kurang lebih selama satu tahun. Dalam pengembangannya, Railink telah menginvestasikan dana mencapai Rp 30 miliar. Untuk tahap awal, Railink akan memasang 4 unit mesin vending machine bersistem ARTS di Stasiun Sudirman dan 4 unit di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun, ke depannya akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×