kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinar Mas Agribusiness and Food tembus DJSI


Selasa, 19 September 2017 / 15:57 WIB
Sinar Mas Agribusiness and Food tembus DJSI


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Anak usaha Golden Agri Resources (GAR) yakni Sinar Mas Agribusiness and Food berhasil menembus daftar Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) 2017 untuk Asia Pasifik. Pencapaian ini bisa didapatkan lantaran praktik bisnis berkelanjutan dalam industri kelapa sawit yang dilakukan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food.

Ini merupakan kali pertama bagi GAR dalam menembus daftar DJSI sejak peluncuran DJSI pada 1999. GAR juga merupakan satu-satunya perusahaan kelapa sawit dari Asia Tenggara yang berhasil masuk dalam sektor Makanan, Minuman dan Tembakau di Asia Pasifik.

Menanggapi hal ini, Agus Purnomo, Managing Director for Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement GAR mengungkap pencapaian ini menjadi pemacu GAR untuk terus melanjutkan usaha keberlanjutan.

“Kami sangat bangga meraih pengakuan dunia internasional atas segala upaya serta sumber daya yang kami kerahkan untuk memastikan produksi kelapa sawit yang bertanggung jawab. Apresiasi ini akan memacu kami untuk terus menjadikan keberlanjutan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam menjalankan bisnis kami,” kata Agus Purnomo seperti yang tertera dalam siaran pers, Selasa (19/9).

Sementara itu, Rafael B. Concepcion, Chief Financial Officer GAR mengungkap dengan prestasi ini membuktikan keseriusan Sinar Mas dalam menerapkan praktik bisnis kelapa sawit berkelanjutan. Tidak hanya itu, dia juga mengatakan mereka akan menyelaraskan praktik perusahaan mereka dengan praktik global yang terbaik.

Salah satu kunci keberhasilan inisiatif kelapa sawit yang bertanggung jawab perusahaan adalah dengan berupaya agar konservasi hutan dapat terlaksana. Sinar Mas bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk bersama-sama menyepakati area konservasi hutan bersama.

Sinar Mas juga membantu masyarakat mencari mata pencaharian alternatif seperti pertanian organik terpadu bersama masyarakat setempat dengan menggunakan lahan tidur milik masyarakat sehingga masyarakat tetap memperoleh pendapatan tanpa mengganggu ekosistem area konservasi.

Selain itu, Sinar Mas menggunakan fasilitas penangkapan metana guna mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendaur ulang 100% limbah produksinya untuk meminimalkan jejak lingkungannya.

Upaya lainnya dengan melakukan transformasi rantai pasokan melalui keterlibatan secara intensif dengan para pemasoknya. Selain bekerja sama dengan para pemasok untuk mencapai kemamputelusuran hingga ke tingkat perkebunan, perusahaan menggunakan berbagai upaya pendekatan untuk memahami masalah yang dihadapi pemasok saat menerapkan praktik kelapa sawit yang bertanggung jawab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×