kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanggal 11 Maret diusulkan menjadi Hari Kopi Nasional


Kamis, 01 Maret 2018 / 19:27 WIB
Tanggal 11 Maret diusulkan menjadi Hari Kopi Nasional
ILUSTRASI. Ilustrasi Mencoba Kopi


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SERPONG. Kepengurusan DPP Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) akan diumumkan dalam waktu dekat pasca dideklarasikan di Yogyakarta pada tanggal 9 Desember 2017 lalu.

Deklarasi sebelumnya telah dilakukan sejumlah organisasi kopi dan tokoh-tokoh perkopian Indonesia.

Kemudian sebagai tindak lanjutnya, diadakan rapat para stakeholder kopi pada tanggal 22 Januari 2018 di Ditjen Perkebunan yang mengesahkan AD/ART serta membentuk Tim Formatur Dekopi.

Ditunjuk sebagai formatur Ketua Umum Dekopi adalah Anton Apriyantono.

Mantan menteri pertanian RI ini akan mengumumkan kepengurusan DPP Dekopi 11 Maret 2018 mendatang bertepatan dengan pameran dan Ekspo Kopi Nusantara yang akan diselenggarakan 9 sampai dengan 11 Maret 2018 di Intermark Convention Hall, Serpong.

"Dekopi telah dideklarasikan dan formatur akan diumumkan. Saya sudah ditunjuk jadi ketua umumnya," ujar Anton dalam konferensi pers di Intermark Convention Hall Serpong Tangerang Selatan, Kamis (1/3).

Menurut Anton, masalah perkopian nasional perlu mendapat perhatian semua pihak sebab selama ini lambat dalam pengorganisasian tidak sama seperti organisasi komoditas lainnya seperti sawit.

"Padahal kopi ini komoditi unggulan," kata dia.

Pihaknya berharap Dekopi mampu memacu perkopian nasional dimana dua hal harus ditonjolkan yakni mengembalikan dan meningkatkan kejayaan kopi nusantara.

"Sekarang produksi kopi kita disalip Vietnam padahal kita unggul selama ini. Karena itu kita  memberikan masukan kepada pemerintah atau stakeholder agar kopi nasional lebih maju lagi," ujarnya.

Dalam rangka itu, sebagai langkah awal maka pada 9-11 Maret 2018 mendatang diadakan pameran kopi dengan tema kopi nusantara.

"Agar masyarakat lebih tahu kopi kita. Kopi kita dikenal dimana-mana di sejumlah negara lain tapi masyarakat kita tidak banyak yang tahu. Malah tahunya kopi impor. Betapa kayanya kopi kita dan dikenal dunia, kenapa kita kurang apresiasi," kata dia.

Untuk itu, nantinya akan diusulkan pula 11 Maret sebagai Hari Kopi Nasional sebagai penanda bangkitnya kopi Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dekopi Usulkan Hari Kopi Nasional 11 Maret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×