kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terobosan inovatif minimalkan backlog


Selasa, 15 Agustus 2017 / 15:08 WIB
Terobosan inovatif minimalkan backlog


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Kebutuhan penyediaan rumah bagi masyarakat semakin tinggi. Selisih antara pemenuhan kebutuhan perumahan dengan yang tidak dapat terpenuhi atau yang lebih dikenal dengan backlog terbilang besar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, backlog saat ini telah mencapai 11,6 juta. Pemerintah berupaya menekan backlog dengan membangun 4 juta unit rumah murah.

Namun upaya ini kemungkinan terkendala pembebasan tanah karena spekulan tanah masih berkuasa. Selain itu anggaran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dipangkas menjadi Rp3,1 triliun dari semula dari Rp9,7 triliun serta sejumlah proyek infrastruktur yang tengah dikebut pemerintah.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan ada langkah lain yang dapat dipergunakan pemerintah dalam meminimalkan backlog yaitu dengan terobosan inovatif di sektor properti.

"Ada banyak model teknologi baru yang bisa diadopsi. Seperti rumah kayu dengan teknologi tinggi, tahan gempa, ati air, dan dari sisi harga jauh lebih murah," kata Ali, Jakarta, Selasa (15/8).

Langkah tersebut, menurut Ali, dapat menjadi solusi yang tepat dan memadai untuk penyediaan rumah berkualitas, terjangkau, ramah lingkungan dan keberlanjutan.

Laporan McKinsey Global Institute (MGI) terbaru, saat ini terdapat 330 juta rumah tangga perkotaan di seluruh dunia tinggal di perumahan di bawah standar. Sekitar 200 juta rumah tangga di negara berkembang tinggal di daerah kumuh.

MGI kemudian memperkirakan pada 2025, sekitar 440 juta rumah tangga perkotaan di seluruh dunia - setidaknya 1,6 miliar orang - akan menempati perumahan yang tidak memadai, tidak aman, karena tidak punya akses finansial.

Agar prediksi MGI tidak terjadi, terobosan teknologi properti harus diadopsi. Sebagai contoh dengan menggunakan produk kayu kimia tahan api non-polusi dalam bahan bangunan rumah kayu menjamin keamanan rumah yang dibangun, baik tunggal maupun multi-lantai.

Berdasarkan hitungan McKinsey Global Institute, rumah yang terbuat dari kayu rekayasa jauh lebih murah daripada rumah beton dan bata dengan ukuran yang sama.

Umumnya harga sekitar 30% lebih murah, efisiensi skala, pembuatan dan produksi otomatis, biaya pondasi lebih murah, konstruksi yang cepat dan biaya pembiayaan yang jauh lebih murah. Bahan-bahan ini juga tahan air, tahan cuaca, tahan rayap, shock-proof dan load-bearing.

Komponen rumah kayu yang didesain untuk dinding, pintu, atap dan lantai diproduksi di pabrik dan disatukan di lokasi, menjadikan proses membangun rumah berlangsung cepat, efisien dan dengan kualitas yang konsisten.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada Sabtu (12/8) menargetkan membangun sebanyak 4 juta unit rumah murah hingga 2019. Rumah ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan anggaran Rp72 triliun.

Basuki mengatakan target 4 juta rumah murah itu ditetapkan dengan mengacu pesatnya progres pembangunan rumah murah hingga tahun ini. Program ini juga untuk mengatasi backlog yang telah mencapai 11,6 juta rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×